Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hati-Hati, Usia di Atas 45 Rentan Tertular Covid-19

Mayoritas penderita infeksi virus Corona berasal dari kelompok usia lanjut di atas 45 tahun.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  15:59 WIB
Ilustrasi-Pengungsi asing menjalani tes usap massal di gedung eks-Kodim Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (24/7/2020). - ANTARA/Devi Nindy
Ilustrasi-Pengungsi asing menjalani tes usap massal di gedung eks-Kodim Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (24/7/2020). - ANTARA/Devi Nindy

Bisnis.com, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 menyebutkan bahwa mayoritas penderita infeksi Virus Corona berasal dari kelompok usia lanjut di atas 45 tahun.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan dalam sepekan terakhir, peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 makin tinggi, mayoritas di antaranya dari usia produktif sampai usia lanjut.

“Dalam pekan terakhir di DKI Jakarta berdasarkan distribusi kelompok umur terlihat yang terifeksi pada usia 18-59 tahun, jumlahnya adalah 80 persen. Sedangkan, dari kelompok umur tersebut yang meninggal di atas 45 tahun cukup besar yaitu 80 persen,” ungkap Wiku, Selasa (28/7/2020).

Artinya, imbuh Wiku, penularan bisa terjadi di kelompok usia relatif produktif sementara korban meninggal cenderung pada usia lanjut.

Kemudian, di DKI Jakarta dari distribusi jenis kelamin, kasus positif relatif hampir sama pada laki-laki sebesar 52,13 persen dan perempuan 47,87 persen.

Namun, yang meninggal laki-laki lebih banyak sebesar 61,26 persen dan perempuan 38,74 persen.

“Artinya kita betul-betul harus menjaga kelompok rentan, terutama pada usia lanjut dan pada laki-laki,” tegas Wiku.

Sementara itu, di Gorontalo, yang mencatatkan peningkatan kasus sebanyak 400 persen dalam sepekan, tercatat kelompok usia yang terpapar paling banyak 18-30 tahun, sebesar 40,54 persen. Sedangkan yang meninggal dunia usia 45 tahun ke atas 82 persen.

“Ini berarti kita harus mampu melindungi masyarakat rentan dan pada usia lanjut, dan mohon masyarakat usia produktif agar menerapkan protokol kesehatan karena membahayakan kelompok rentan,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta gorontalo covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top