Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Bendera AS dan China berkibar berdampingan di luar kawasan perdagangan bebas dan logistik Waigaoqiao China (Shanghai) Pilot Free Trade Zone di Shanghai, China, Selasa (22/10/2013). - Bloomberg/Tomohiro Ohsumi
Premium

'Perang' Meluas, Apa Manuver AS-China Selanjutnya?

23 Juli 2020 | 15:11 WIB
Setelah perang dagang sejak 2018, hubungan AS-China kembali memanas dengan adanya tuduhan spionase dan pencurian hak kekayaan intelektual. 'Perang' sudah meluas?

Bisnis.com, JAKARTA — Para staf di Konsulat China di Houston, AS bisa jadi sedang sibuk berkemas-kemas saat artikel ini tayang, Kamis (23/7/2020).

Mereka tengah berhadapan dengan kenyataan pahit lantaran rezim Presiden AS Donald Trump memerintahkan agar salah satu Konsulat China di Negeri Paman Sam itu ditutup dan dikosongkan selambat-lambatnya pada Jumat (24/7).

Laporan BBC mengatakan bahwa dalam bocoran beberapa rekaman CCTV, terlihat para staf sibuk membakar dokumen-dokumen agar tak disalahgunakan oleh si tuan rumah, yang memang sudah jadi musuh besar mereka sejak lama.

Juru bicara (Jubir) Departemen Luar Negeri (Deplu) AS Morgan Ortagus menyebut langkah itu ditempuh lantaran China telah mencuri hak kekayaan intelektual dan riset yang bukan cuma milik AS, tapi juga punya negara-negara Eropa. Dia juga mengatakan China menanam intelijen untuk memata-matai kegiatan ekonomi negaranya.

“AS tidak akan menoleransi pelanggaran yang dilakukan China terhadap kedaulatan kami dan intimidasi kepada rakyat kami, sebagaimana kami tak menoleransi ketidakadilan praktik dagang China, pencurian pekerjaan AS, dan kelakuan mengerikan lain. Presiden Trump mendesak keadilan dalam hubungan AS-China,” tutur Ortagus kepada Foreign Policy, Rabu (22/7).

Tidak akurnya hubungan AS dengan China awalnya memang 'hanya' terlihat secara jelas melalui perang dagang yang sudah berlangsung sejak 2018. Tetapi, sekarang 'perang' tampak telah meluas ke berbagai sektor seperti hak kekayaan intelektual dan spionase, yang seluruhnya bermuara ke keamanan nasional masing-masing negara.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top