Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dokter Reisa Berbagi Tips Pertemuan Aman dari Covid-19

Masyarakat diminta untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker selama pertemuan untuk mencegah penularan Covid-19.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  16:50 WIB
Reisa Broto Asmoro - Instagram@reisabrotoasmoro
Reisa Broto Asmoro - Instagram@reisabrotoasmoro

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter Reisa Broto Asmoro membagikan tips melakukan pertemuan yang aman di tengah pandemi Covid-19. Hal utama agar tetap aman dari risiko penularan Covid-19 adalah memakai masker dan menjaga jarak.

“Jarak yang disarankan adalah 1 sampai 2 meter, kenapa? karena jarak tersebut dianggap mampu menghindari droplet orang lai,” kata Reisa dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Youtube BNPB, Rabu (22/7/2020).

Droplet adalah percikan liur saat seseorang berbicara, batuk, bersin, bahkan bernyanyi. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan, percikan tersebut berpotensi membawa virus dari orang sakit kepada orang sehat.

Reisa mengatakan bahwa seseorang yang tampak sehat, belum tentu bebas virus Corona. Bisa jadi dia berperan sebagai pembawa virus. Hal ini lazim disebut dengan istilah orang tanpa gejala (OTG).

Namun, Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini menyarankan hal paling utama adalah membatasi kegiatan di luar rumah. Silaturahmi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi video call pada ponsel pintar.

Bila terpaksa harus berkumpul dengan orang lain, pastikan membuka masker hanya saat makan dan minum. Itu pun sembari memastikan jarak dengan orang lain cukup aman.

“Tetap punya kenangan bersama dengan teman dan kerabat boleh saja tapi ingat yang paling penting tetap aman dari Covid-19,” kata Reisa.

Dia melanjutkan saat bertemu teman, kegiatan foto bareng sering kali menjadi sebuah keharusan. Ada 5 tips untuk menghindari penularan virus Corona saat berada dalam situasi tersebut.

“Pertama gunakan masker, kedua jaga jarak aman, ketiga jaga kebersihan smartphone, keempat pilih lensa wide atau ultra wide pada smartphone, kelima jangan langsung menyentuh wajah setelah memegang telepon,” jelas Reisa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19 dokter Reisa
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top