Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonom Mempertanyakan Alasan Penunjukkan Erick Thohir Pimpin Tim Pemulihan Ekonomi

Ekonom menilai penunjukkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai ketua pelaksana Komite Kebijakan Pengendalian dan Pemulihan Ekonomi Nasional kurang tepat.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  18:32 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). -  ANTARA / Rivan Awal Lingga
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). - ANTARA / Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - Tujuan Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai ketua pelaksana Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dipertanyakan.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) M. Faisal mempertanyakan tujuan pemerintah membentuk komite baru dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi sekaligus penunjukkan Erick Thohir sebagai ketuanya.

"Apa sebenarnya dasar memilih Menteri BUMN [Erick Thohir], karena idealnya, setiap kementerian sudah ada tupoksinya jadi mestinya ada peran dari yang namanya menko [menteri koordinator]," ujar Faisal kepada Bisnis, Senin (20/7/2020).

Terkait upaya pemulihan ekonomi, Faisal menilai hal itu sebenarnya bisa dilakukan dengan mengoptimalkan tugas dan kewenangan Menko Perekonomian. Namun, jika ada hal lain di luar bidang perekonomian, koordinasi dengan kementerian lain yang berkaitan seharusnya bisa ditingkatkan.

Walhasil, dengan tugas dan fungsi (tupoksi) Erick Thohir sebagai Menteri BUMN dianggap tidak berkaitan secara langsung dengan tupoksi komite kebijakan pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, maka keputusan tersebut dinilai Faisal tidak tepat.

"Menurut saya sih semestinya tidak ke Kementerian BUMN [yang memimpin komite kebijakan pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional]," kata Faisal.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir didapuk menjadi ketua pelaksana komite kebijakan pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional pada Senin (20/7/2020).

Nantinya, Erick akan mengkoordinasikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi erick thohir covid-19 pemulihan ekonomi
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top