Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Covid-19 Indonesia Melampaui China, Ini Pesan Dokter Reisa

Ketimbang fokus membandingkan data Covid-19 Indonesia dengan negara lainnya, masyarakat diimbau untuk fokus melawan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  18:03 WIB
Petugas medis mengambil sampel spesimen saat swab test virus corona Covid-19 secara drive thru di halaman Laboratorium Kesehataan Daerah (Labkesdan) Kota Tangerang, Banten, Senin (6/4/2020)./Antara - Fauzan
Petugas medis mengambil sampel spesimen saat swab test virus corona Covid-19 secara drive thru di halaman Laboratorium Kesehataan Daerah (Labkesdan) Kota Tangerang, Banten, Senin (6/4/2020)./Antara - Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menanggapi soal kasus virus Corona (Covid-19) di Indonesia yang telah melampaui China. Masyarakat pun diminta untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan agar kasus positif Covid-19 di Indonesia bisa lebih ditekan.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan ketimbang fokus membandingkan data Covid-19 Indonesia dengan negara lainnya, dia mengimbau masyarakat untuk fokus melawan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Cara memenangi peperangan melawan Covid-19 bukan membandingkan angka-angka yang cepat berubah atau tidak valid lagi dalam hitungan hari. Semua tergantung kerja sama semua komponen bangsa," kata Reisa dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Menurutnya, fakta yang menunjukkan bahwa jumlah kasus positif Covid di Indonesia yang telah melampaui China, sepatutnya dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam risiko penularan virus Corona.

"Kita harus bekerja lebih giat lagi seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo kita harus kerja ekstra keras kita perlu makin rapatkan barisan lebih solid lagi bersatu melawan Covid-19," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya pada informasi yang belum terbukti kebenarannya alias berita hoaks dan mencari informasi dari sumber-sumber yang berkredibilitas tinggi.

Seperti diketahui, sejak akhir pekan lalu, kasus Covid-19 di Indonesia telah melampaui kasus di China yang merupakan negara di mana virus Corona pertama kali ditemukan.

Berdasarkan data Wolrdometers, Senin (20/7/2020) kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini telah mencapai 88.214 orang, angka itu melampaui jumlah kasus positif Covid-19 di China yang berjumlah 83.682 orang.

Adapun, saat ini Indonesia menempati urutan ke-24 dari sisi kasus positif Covid-19 di dunia, sedangkan China berada di urutan ke-26.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top