Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyerahkan dokumen RUU Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kepada Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri) di Gedung DPR pada Kamis (16/7/2020). - BPIP
Premium

BPIP Naik Kelas Lagi?

17 Juli 2020 | 08:31 WIB
Dokumen yang diantar Mahfud selain Surat Presiden Jokowi juga membawa lampiran Rancangan Undang-undang tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD membawa surat Presiden Joko Widodo yang berisi tiga dokumen resmi untuk diserahkan kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Kamis (16/7/2020).

Kedatangan Mahfud MD ke DPR tidak sendiri. Dia didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kehadiran Mahfud MD dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju diterima oleh Ketua DPR Puan Maharani, lengkap dengan wakil pimpinan lainnya seperti Muhaimin Iskandar, Rachmat Gobel, Azis Syamsuddin, dan Sufmi Dasco Ahmad.

Dokumen yang diantar Mahfud selain Surat Presiden Jokowi juga membawa lampiran Rancangan Undang-undang tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Perihal dokumen RUU BPIP yang diserahkan menjadi sisi menarik tersendiri di tengah pro kontra di Senayan dan masyarakat atas RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang sempat disodorkan oleh parlemen.

Kehadiran Mahfud MD dkk. di DPR dengan membawa Surat Presiden tentang RUU BPIP seolah ingin menawarkan alternatif di tengah polemik RUU HIP. Apalagi, dalam pernyataan Rabu (15/7), Mahfud dengan tegas menyatakan sikap pemerintah terhadap RUU HIP tidak berubah, yakni meminta adanya penundaan pembahasan dengan DPR.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top