Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ketua KPK: Belum Ada Keluhan Bansos Covid-19 di Sumsel

KPK hingga saat ini sudah menangani 661 keluhan terkait bansos. Belum ada keluhan dari Sumsel.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  15:18 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri - Bisnis/Dinda Wulandari
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK mengaku belum pernah menerima keluhan terkait penggunaan dana bantuan sosial penanganan Covid-19 di Sumatra Selatan.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan hingga saat ini pihaknya sudah menangani 661 keluhan terkait bansos.

“Terbanyak di daerah Jawa, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Tidak ada di Sumsel,” kata Firli saat rapat Evaluasi Program Pemberantasan Terintegrasi dan Penandatanganan Kesepakatan Pemanfaatan Aset, di Palembang, Kamis (9/7/2020).

Firli mengatakan dalam pengawasan dana penanganan Covid-19, KPK telah terjun secara langsung. Dia mengaku pelaksanaan bansos yang masuk dalam program Jaring Pengaman Sosial merupakan satu dari sejumlah fokus pengawasan komisi tersebut.

“Apabila ada penyimpangan, kami sudah buat aplikasi ‘jaga bansos’ dari sana lah ada 661 keluhan tersebut dan sudah kami tindaklanjuti,” kata Firli.

Menurut Firli pengawasan yang dilakukan komisi anti rasuah tersebut juga bekerja sama dengan BPKP baik di pusat maupun daerah. 

Firli melanjutkan, selain bansos, KPK juga mengawasi anggaran untuk penyediaan alat kesehatan,termasuk bantuan insentif bagi tenaga kesehatan dan dokter yang menangani pasien Covid-19.

KPK secara khusus telah menempatkan 5 anggotanya untuk mendampingi setiap Gugus Tugas dalam proyek pembelian Alat Pelindung Diri (APD).

Firli mengatakan KPK juga membuat 15 Satuan Tugas yang tersebar di setiap Gugus Tugas Covid-19 dan 5 kementerian serta 5 koordinator wilayah.

Pada prinsipnya, lanjut Firli, KPK tidak akan menghalang-halangi kebijakan yang dilakukan setiap kepala daerah asalkan mengedepankan keselamatan masyarakat.

“Jika menyangkut keselamatan, saya berpesan kepada kepala daerah untuk tidak ragu bertindak, kami siap mendampingi,” kata Firli.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK bansos
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top