Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Presiden Jokowi didampingi sejumlah Menteri termasuk Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menhan Prabowo Subianto meninjau lokasi food estate di Kalteng, Kamis (9/7 - 2020) (Biro Pers Setpres)
Premium

Ngeri-Ngeri Sedap Proyek Food Estate

09 Juli 2020 | 18:18 WIB
Harapan besar ketahanan nasional Indonesia salah satunya akan bergantung pada keberhasilan pemerintah dalam mengeksekusi proyek Food Estate.

Bisnis.com, JAKARTA – Peringatan Organisasi Pangan Dunia (Food and Agricultur Organization/FAO) terkait dengan riskannya ketahanan pangan dunia di masa pandemi Covid-19, benar-benar membuka mata Presiden Joko Widodo.

Tak lama setelah peringatan FAO muncul pada April 2020, Presiden Jokowi langsung menitahkan menterinya untuk membangun Food Estate. Konsep Food Estate tersebut meliputi pembukaan lahan baru untuk pertanian, yang terintegrasi dan berisikan tanaman pangan.

Kementerian Pertahanan, Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN ditunjuk untuk kerja ‘keroyokan’ mengerjakan program tersebut. Setelah melalui sejumlah proses analisis, Kementerian PUPR akhirnya memilih lokasi lumbung pangan baru ini di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Food Estate ini akan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, terdapat lahan potensial seluas 165.000 hektare yang merupakan kawasan aluvial, bukan gambut, pada lahan eks-Pengembangan Lahan Gambut (PLG) di Kalteng.

Adapun, dari 165.000 hektare lahan tersebut seluas 85.500 hektare merupakan lahan fungsional yang sudah digunakan untuk berproduksi setiap tahunnya. Sementara itu, 79.500 hektare sisanya berupa semak belukar sehingga perlu dilakukan pembersihan.

Dari 85.500 hektare lahan fungsional, sekitar 28.300 hektare dinyatakan memiliki kondisi irigasinya baik. Sedangkan 57.200 hektare lahan lainnya diperlukan rehabilitasi jaringan irigasi dengan total kebutuhan anggaran Rp1,05 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top