Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Empat Gempa di Tanggal Cantik 7-7-2020, BMKG: Tidak Berhubungan

Empat gempa bumi yang tercatat terjadi di wilayah Indonesia pada hari ini dipastikan tidak saling berhubungan.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  18:24 WIB
Empat gempa bumi yang tercatat terjadi di wilayah Indonesia pada hari ini dipastikan tidak saling berhubungan. - Ilustrasi
Empat gempa bumi yang tercatat terjadi di wilayah Indonesia pada hari ini dipastikan tidak saling berhubungan. - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, Selasa (7/7/2020), empat kali gempa di empat lokasi berbeda menggoyang wilayah Indonesia.

Gempa di tanggal cantik 7 Juli 2020 atau 7-7-2020 ini terjadi di dekat Jepara, Banten, Garut, dan Selat Sunda dengan berbagai kekuatan.

"Gempa yang terjadi secara beruntun pada hari ini Selasa 7 Juli 2020 tidak memiliki kaitan dengan gempa yang terjadi sebelumnya," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Selasa.

Disebutkan Rahmat, gempa Laut Jawa di utara Jepara berkekuatan M 6.1 yang terjadi pukul 05.54.44 WIB. Gempa di Selatan Banten dengan kekuatan M 5.1 terjadi pukul 11.44.14 WIB.

Selanjutnya, gempa di Selatan Garut berkekuatan M5.0 terjadi pukul 12.17.51 WIB, sedangkan gempa di Selatan Selat Sunda dengan kekuatan  M 5.2 terjadi pada 13.16.22 WIB .

Gempa-gempa tersebut, menurut Rahmat berada pada sumber gempa yang berbeda, kedalaman yang berbeda, terjadi dengan mekamisme berbeda pula.

Rahmat menjelaskan apa yang terjadi di beberapa wilayah gempa tersebut adalah manifestasi pelepasan medan tegangan pada sumber gempa masing-masing.

"Masing-masing sumber gempa mengalami akumulasi medan tegangan sendiri-sendiri, mencapai stres maksimum sendiri-sendiri, hingga selanjutnya mengalami rilis energi sebagai gempa juga sendiri sendiri," papar Rahmat.

Hal itu, lanjut Rahmat, terjadi sebagai konsekuensi logis daerah dengan sumber gempa sangat aktif dan kompleks.

"Kita memang memiliki banyak sumber gempa. Jika terjadi gempa di tempat yang relatif berdekatan lokasinya dan terjadi dalam waktu yang relatif berdekatan maka itu hanya kebetulan saja," tegas Rahmat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa BMKG

Sumber : BMKG

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top