Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Raymond Kwok (kiri) dan Thomas Kwok (kanan), keduanya Co-Chairman Sun Hung Kai Properties Ltd., dalam konferensi pers di Hong Kong, China, Jumat (12/9/2014). - Bloomberg/Lam Yik Fei
Premium

Keluarga Kwok, Keluarga Terkaya Hong Kong yang Penuh Intrik

07 Juli 2020 | 11:49 WIB
Kekayaan Keluarga Kwok dimulai dari kerja keras Kwok Tak-seng. Kini, perusahaan properti yang didirikannya pada 1972, sukses menjadi developer terbesar di Hong Kong.

Bisnis.com, JAKARTA — Tak lengkap rasanya jika menyebut nama-nama orang terkaya Asia tanpa mengikutsertakan Keluarga Kwok. Taipan properti asal Hong Kong itu tercatat memiliki harta mencapai US$40,4 miliar per 2017.

Dengan kekayaan tersebut, Forbes menempatkan keluarga ini dalam posisi ketiga keluarga terkaya Asia, di bawah Keluarga Ambani dari India yang memiliki Reliance Group dan Keluarga Lee dari Korea Selatan (Korsel) yang mewarisi Samsung.

Sementara itu, Bloomberg mencatat kekayaan keluarga tersebut turun menjadi US$38 miliar per 2019, tapi posisinya berada di peringkat kedua keluarga terkaya Asia dan yang paling jawara di Hong Kong.

Dari mana kekayaan Keluarga Kwok berasal? Keluarga Kwok merupakan pendiri dan pemilik perusahaan properti bernama Sun Hung Kai Properties.

Keluarga ini tak akan ada jika tak ada Kwok Tak-seng. Ketika tiba di Hong Kong dari Guangdong, China usai Perang Dunia II, dia awalnya menjalankan bisnis perdagangan ekspor impor.

Bisnisnya beralih ke penjualan ritsleting Jepang, YKK Zippers, memanfaatkan momentum berkembangnya industri garmen Hong Kong.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top