Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sebuah layar menampilkan Presiden Rusia Vladimir Putin yang tengah berbicara dalam acara tahunan kenegaraan di Moskow, Rusia pada Rabu (15/01/2020). (Andrey Rudakov - Bloomberg)
Premium

Di Balik Ambisi Vladimir Putin Memimpin Rusia hingga 2036

02 Juli 2020 | 12:30 WIB
Nama Putin ternyata masih laku di panggung politik Rusia. Menariknya, popularitasnya masih berada di posisi tinggi meskipun secara tren tahunan terus melandai

Bisnis.com, JAKARTA— Saat terbentur regulasi larangan menjabat presiden tiga periode beruntun, pada 2008 lalu Vladimir Putin pindah menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia. Satu periode duduk di kursi tersebut, Putin lantas kembali ke jabatan Presiden pada 2012 dan masih aktif hingga sekarang.

Kendati pindah-pindah tempat, koresponden investigasi The Washington Post peraih Pulitzer Awards 2017 Greg Miller menilai di balik layar, Putin tetap punya kendali atas segalanya. Singkatnya, terlepas dari pindah-pindah jabatan itu, penguasa Rusia selama 20 tahun belakangan cuma satu orang: Vladimir Putin.

“Dia menanam banyak orang terdekatnya di pemerintahan. Apapun posisinya, semua orang tetap tunduk terhadap instruksinya,” tulis Miller dalam The Apprentince: Trump, Russia and the Subversion of American Democracy (2017).

Awalnya, skenario serupa ditebak banyak pengamat bakal terjadi pada 2024 mendatang, saat Putin lagi-lagi akan terbentur regulasi batasan dua periode. Namun, belakangan, hitung-hitungan itu runtuh.

Putin sadar bahwa transit ke posisi PM tidak akan lagi memberinya garansi bisa kembali ke kursi kepresidenan layaknya pada 2012. Kesimpulan itu setidaknya terendus dari survei tingkat kepercayaan publik terhadap kepemimpinannya selama beberapa bulan terakhir.

Menurut laporan Russia’s Public Opinion Research Center, sejak awal tahun 2020 elektabilitas Putin terus turun. Pada Januari 2020 misalnya, survei menunjukkan cuma 30,6 persen orang Rusia yang masih percaya kepadanya. Angka ini kontras dengan survei jelang Pilpres 2018 yang masih menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap Putin di atas 60 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top