Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Aktivitas Bisnis AS Melonjak pada Juni, Kontraksi Masih Menghantui

Aktivitas bisnis di Amerika Serikat berhasil menunjukkan peningkatan pada Juni di tengah optimisme seputar pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  05:15 WIB
New York, AS - istimewa
New York, AS - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Aktivitas bisnis di Amerika Serikat berhasil menunjukkan peningkatan pada Juni di tengah optimisme seputar pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Menurut data yang dirilis IHS Markit pada Selasa (23/6/2020), purchasing managers' index (PMI) composite pendahuluan naik menjadi 46,8 pada Juni 2020, level tertinggi dalam empat bulan, dari 37,0 pada Mei.

Sementara itu, indeks aktivitas bisnis sektor jasa naik menjadi 46,7 bulan ini dari 37,5 pada Mei dan indeks manufaktur naik menjadi 49,6 pada Juni dari 39,8 pada bulan sebelumnya.

IHS Markit composite mengukur berlanjutnya peningkatan pesanan, pekerjaan, dan ekspor AS pada Juni. Masing-masing indikator hanya terpaut tipis dari level 50 yang memisahkan kontraksi dengan ekspansi.

Bulan Juni juga menunjukkan tumbuhnya optimisme perusahaan-perusahaan, untuk pertama kalinya dalam empat bulan, tentang permintaan setahun ke depan.

Di sisi lain, kendati banyak manufaktur dan penyedia jasa mengakui rebound dalam permintaan, prospeknya tetap lesu di tengah kekhawatiran tentang meningkatnya kasus infeksi baru Covid-19 dan pembatasan sosial (social distancing).

“Perbaikan ini akan memicu harapan bahwa ekonomi dapat kembali ke pertumbuhan pada kuartal ketiga,” ujar Kepala Ekonom Bisnis di IHS Markit, Chris Williamson.

“Namun, meskipun singkat, penurunannya lebih dahsyat ketimbang apa pun yang dialami sebelumnya, sehingga meninggalkan dampak yang dalam dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk pulih,” jelasnya, seperti dilansir dari Bloomberg.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur ekonomi as
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top