Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sudiro dilantik sebagai Walikota Jakarta Raya pada 1954 dengan disaksikan oleh pejabat sipil dan militer. - Sudiro, Pejuang Tanpa Henti/Soebagijo I.N.
Premium

HUT DKI Jakarta ke-493: Tangguh Lantaran Pelik Sejak dalam Kandungan

22 Juni 2020 | 11:53 WIB
Pada 22 Juni 1956, untuk pertama kalinya, Hari Ulang Tahun Kota Jakarta yang ke-429 diperingati secara resmi di bawah kepemimpinan Wali Kota Jakarta Sudiro.

Bisnis.com, JAKARTA — Saat warga secara resmi memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta yang ke-429 pada 22 Juni 1956 untuk pertama kalinya, Jakarta terbagi dalam tiga wilayah, yaitu Jakarta Utara, Jakarta Tengah, dan Jakarta Selatan.

Pada 1954, menjelang Pemilihan Umum 1955 atau Pemilu pertama, diadakan rapat akbar seluruh RT dan RW, yang kemudian menyepakati pembagian Jakarta dalam tiga wilayah, yaitu  Jakarta Utara dengan ketuanya Wedana Penjaringan, Jakarta Tengah diketuai oleh Wedana Gambir, dan Jakarta Selatan oleh Wedana Jatinegara.

Kala itu, Pemerintah Daerah Jakarta Raya memiliki anggaran sebesar Rp115 juta. Dengan anggaran sebesar itu, Sudiro sempat mengeluarkan kebijakan sekolah gratis untuk tingkat sekolah dasar (SD). Namun kebijakan ini hanya berlaku 1 tahun setelah pemerintah pusat kemudian membatalkan kebijakan itu.

“Kenapa kok yang ke-429,” kata Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo kala itu setengah mengejek kepada Wali Kota Sudiro, seperti disampaikan Soebagijo I.N dalam buku Sudiro, Pejuang Tanpa Henti terbitan Gunung Agung (1981: hal 283).

“Apakah angka itu harus saya bulatkan? Bukankah kalau sampai terjadi demikian, dengan sengaja kita memalsukan sejarah?” kata Wali Kota Sudiro, yang tak lain adalah eyang dari aktor Tora Sudiro.

Penentuan tanggal HUT Kota Jakarta sendiri, sejatinya tak mudah. Sudiro sampai harus mengundang beberapa ahli, seperti Muh Yamin, wartawan senior Sudarjo Tjokrosisworo hingga Mr. Sukanto untuk meneliti kapan Jakarta berdiri.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top