Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gerhana Matahari Cincin 2020 Melintasi 432 Kota dan Kabupaten di 31 Provinsi

GMC 2020 ini akan melewatu 432 kota dan kabupaten di 31 provinsi di Indonesia. Namun, gerhana yang tampak di wilayah-wilayah itu adalah Gerhana Matahari Sebagian
Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020./BMKG
Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020./BMKG

Bisnis.com, JAKARTA – Pada 21 Juni 2020 akan terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC).

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), GMC 2020 ini akan melewatu 432 kota dan kabupaten di 31 provinsi di Indonesia. Namun, gerhana yang tampak di wilayah-wilayah itu adalah Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo terentang antara 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Adapun di 83 pusat kota lainnya, yaitu dua kota di Bengkulu, tujuh kota di Lampung, sepuluh kota Jawa Tengah, dan tujuh kota di Jawa Timur, serta semua kota di Jawa Barat (terkecuali Indramayu), Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta tidak akan dilalui gerhana ini, karena nilai magnitudo gerhananya kurang dari 0.

Karena itu seluruh fase gerhana di kota-kota ini tidak akan teramati.

Pengamat yang berada di sebelah Timur, yaitu tujuh kota di Papua, tidak dapat mengamati puncak gerhana dan kontak akhir mengingat saat kedua fase ini terjadi, Mataharinya sudah terbenam.

Sementara itu, pengamat yang berada di 50 kota yang tersebar di Papua, Papua Barat, dan sebagian besar Maluku tidak akan mengamati kontak akhir.

Waktu-waktu kejadian gerhana di setiap lokasi akan berbeda-beda.

Di Indonesia,waktu mulai gerhananya paling awal adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 13.16.00,5 WIB. Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Kepanjen, Jawa Timur yaitu pukul 15.19.49,3 WIB

Dengan membandingkan selisih antara waktu kontak akhir dan waktu kontak awal di setiap kota dapat diketahui bahwa durasi gerhana paling sebentar akan terjadi di Kepanjen, Jawa Timur, yaitu hanya selama 3 menit 17,1 detik.

Sementara, durasi gerhana paling lama akan terjadi di Sabang, Aceh, yaitu selama 2 jam 27 menit 11,1 detik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper