Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Kering Emiten Baru, Jepang Punya 3 Perusahaan yang Bakal IPO

Jepang menghentikan kekeringan IPO sejak 2009 dengan tiga calon emiten
Bursa Jepang Topix/Reuters
Bursa Jepang Topix/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA— Kekeringan panjang di pasar modal Jepang terhadap emiten baru akhirnya usai dengan tiga perusahaan yang akan melakukan IPO.

Dikutip dari Bloomberg, Selasa (16/6/2020), bulan ini menjadi pertanda baik bagi masa kering tanpa penawaran saham perdana (initial public offering/ IPO) sejak masa krisis finansial. Menariknya, pandemi virus corona justru menjadi momentum bagi tiga calon emiten mencatatkan diri pada hari yang sama.

Tiga perusahaan tersebut yakni Locoguide Inc., Ficha Inc. and Copa Corp. yang rencananya melakukan IPO pada 24 Juni. Adapun, hingga akhir bulan terdapat tiga calon emiten lainnya yang IPO dan lima perusahaan pada Juli.

“Berbeda dengan bencana gempa bumi pada 2011 dan krisis finansial, pandemi belum merusak fasilitas produksi fisik atau menghancurkan sistem finansial,” ujar Manager Riset Ichiyoshi Sekuritas Katsumi Udagawa.

Menurutnya, kegiatan IPO akan mulai terlihat mengikuti momentum yang pas kendati direalisasikan di tengah pandemi. “Ketika perusahaan mendapatkan waktu yang tepat untuk mencatatkan diri, jadwal IPO akan kembali pulih,” katanya.

Adapun, Maret menjadi waktu yang sulit bagi perusahaan rintisan Jepang yang ingin melakukan IPO karena tahun fiskal baru dimulai pada 1 April sedangkan masa pelaporan kinerja sangat sibuk mulai akhir April hingga pertengahan Mei.

Dari 43 perusahaan yang berencana IPO pada Maret dan April, hanya 25 perusahaan yang telah tercatat berjalan sesuai jadwal. Dari 25 perusahaan tersebut, hanya delapan emiten yang mampu menutup perdagangan perdana dengan harga di atas harga IPO.

Beberapa perusahaan lainnya telah menetapkan jadwal IPO sehingga bisa merealisasikannya dalam waktu dekat. Hal itu menjadi penanda kepercayaan diri terhadap prospek ekonomi Jepang yang saat ini membuka kembali ekonominya.

Tiga perusahaan yang siap IPO dalam waktu dekat juga memproyeksikan kinerja positif pada tahun ini. Locoguide memprediksi kenaikan laba operasional sebesar 48 persen pada Maret 2021.

Kemudian, Ficha berharap membalikkan kerugian pada tahun lalu dan Goodpatch Inc. menyebut kenaikan keuntungan 174 persen secara tahunan pada Agustus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper