Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkes Laporkan 83,9 Persen Pelayanan Imunisasi Terhenti Akibat Pandemi Covid-19

Kementerian Kesehatan melaporkan setidaknya 83,9 persen pelayanan kesehatan terkait dengan pemberian imunisasi kepada anak-anak Indonesia terhenti akibat pandemi Covid-19.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Kesehatan melaporkan setidaknya 83,9 persen pelayanan kesehatan terkait dengan pemberian imunisasi kepada anak-anak Indonesia terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Artinya, pemberian imunisasi itu tidak dilaksanakan lagi. Tentu kita tahu dampak jika imunisasi itu tidak dilakukan baik di tingkat Posyandu maupun Puskesmas,” kata Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes Vensya Sitohang saat memberi keterangan pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (8/6/2020).

Vensya menerangkan berhentinya pelayanan imunisasi hampir terjadi di seluruh wilayah provinsi di Indonesia.

“Jika dibandingkan untuk cakupan imunisasi dasar lengkap pada April 2020 dengan 2019 maka ada penurunan. Dari laporan tercatat hampir 4,7 selisih persentase dari imunisasi tahun sebelumnya,” kata dia.

Dokter anak Tubagus Rachmat Sentika menuturkan bahwa pada Maret-Mei Indonesia menghadapi pandemi dunia terhadap virus corona, ditambah karena korban berjatuhan termasuk tenaga medis, yang membuat semua petugas kesehatan gamang.

"Sehingga keluarlah peraturan bahwa harus mengurangi pelayanan yang bersifat rawat jalan."

Imbauan terkait dengan pengurangan layanan rawat jalan tersebut berlaku untuk seluruh rumah sakit dan telah disampaikan oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Bambang Wibowo melalui surat nomor YR.03.03/III/III8/2020 yang ditujukan langsung kepada seluruh kadinkes provinsi, kabupaten/kota, dan direktur utama/direktur/kepala rumah sakit seluruh Indonesia.

Yang terlupakan adalah bagaimana tenaga medis mendorong beberapa poin kesehatan yang sedang digalakkan oleh para tenaga medis, yakni penurunan angka kematian ibu dan neo natal, TBC, imunisasi, dan penanganan stunting.

“Imunisasi itu tidak boleh disetop, nanti penyakitnya tambah lagi bukan Covid-19 saja. Sekarang bagaimana caranya tetap PSBB, tapi imunisasi atau konsultasi tidak dihentikan? Kita punya home care atau kunjungan rumah via video call, lakukan saja itu,” paparnya saat webinar diskusi media Tengah Pandemi Covid 19, Waspadai Stunting, Selasa (19/5/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper