Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemendikbud Ajak Siswa Gali Kreativitas dan Aplikasikan Nilai Pancasila

Membumikan nilai-nilai Pancasila bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan sejumlah aktivitas kreatif.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  12:08 WIB
Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila pada 1 Juni,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang para siswa mengikuti rangkaian lomba bertemakan
Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila pada 1 Juni,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang para siswa mengikuti rangkaian lomba bertemakan "Aku, Kamu, Dia, dan Pancasila". - cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Membumikan nilai-nilai Pancasila bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah-satunya dengan membuat karya-karya kreatif.

Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila pada 1 Juni, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun mengundang partisipasi para siswa.

Para siswa diajak mengikuti rangkaian lomba bertemakan "Aku, Kamu, Dia, dan Pancasila".

Lomba ini bertujuan menggali kreativitas para siswa dan mengaplikasikan nilai Pancasila menurut kreasi di setiap lomba yang ditetapkan.

Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud Hendarman menjelaskan nilai Pancasila merupakan sumber dari pendidikan karakter bagi anak-anak Indonesia. Nilai itu tentunya harus dapat diterima dan dimaknai secara sederhana.

"Lomba ini sebagai sarana para siswa untuk dapat membumikan nilai karakter itu, dari setiap hasil karya mereka," jelas Hendarman dalam keterangan resminya, Rabu (3/6/2029).

Lomba yang berlangsung sejak 1 Juni itu akan berakhir pada 21 Juni 2020. Para pemenang di masing-masing kategori lomba akan diumumkan pada 30 Juni 2020.

Adapun jenis lomba yang dipertandingkan adalah Lomba Komik Terpola untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) atau Sederajat, Lomba Komik untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) atau Sederajat.

Lomba Poster diadakan untuk jenjang Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/K) atau Sekolah Menengah Atas Luar Biasa atau Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa (SMALB/KLB) atau Sederajat.

Selanjutnya, Lomba Animasi 2 Dimensi/3 Dimensi untuk jenjang Perguruan Tinggi, Lomba Cipta Karya Puisi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Lomba Baca Puisi untuk jenjang Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), dan Lomba Video Edukasi TikTok untuk jenjang SMA/K atau sederajat dan Perguruan Tinggi.

Selain lomba, Kemendikbud mengajak masyarakat unjuk kreativitas dengan mengunggah foto diri bersama dengan Pancasila yang bisa di akses di laman Cerdas Berkarakter.

Persyaratan dan ketentuan lomba dapat dilihat di laman resmi Puspeka Kemendikbud di alamat https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendikbud pancasila
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top