Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reaktif Corona, 10 Warga Pati Nginap di Hotel Bintang 3 untuk Karantina

Berbahagialah warga Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, yang reaktif saat rapid test Corona. Hotel bintang tiga telah disipakan sebagai tempat karantina.
Data kasus Corona Kabupaten Pati hingga Rabu 3 Juni 2020
Data kasus Corona Kabupaten Pati hingga Rabu 3 Juni 2020

Bisnis.com, JAKARTA - Berbahagialah warga Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, yang reaktif saat rapid test Corona. Hotel bintang tiga telah disipakan sebagai tempat karantina.

Adalah Wakil Bupati Pati Saiful Arifin yang merelakan Hotel Safin, hotel berbintang tiga di Pati, sebagai lokasi karantina. Maklum, Wakil Bupati Pati itu tak lain adalah pemilik Hotel Safin Pati.

Hotel Safin memiliki kapasitas kamar 119 yang dialokasikan sebagai tempat isolasi mandiri terduga Corona sambil menunggu hasil tes PCR (polymerase chain reaction) dengan menguji sampel lendir hidung dan tenggorokan.

Hotel Safin dibuka sebagai tempat karantina atau isolasi mandiri sejak minggu ketiga Aprl 2020 dan sudah menampung beberapa terduga Corona.

Dari Pati, kantor berita Antara melaporkan bahwa hari ini Rabu (3/6/2020) lagi-lagi warga Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang dinyatakan reaktif corona dari hasil tes cepat (rapid test) corona dikarantina di hotel di Pati sambil menunggu hasil swab (usap) tenggorokan guna memastikan terpapar virus Corona atau tidak.

Antara tidak menyebutkan nama hotel itu. "Tercatat dari 148 pedagang dan pengunjung pasar yang menjalani tes cepat corona, terdapat 10 orang dinyatakan reaktif corona. Sambil menunggu tahapan swab tenggorokan, mereka akan dikarantina di Hotel Safin," kata Bupati Pati Haryanto saat meninjau pelaksanaan rapid test di Pasar Juwana Pati, Rabu (3/6/2020).

Ia berharap masyarakat yang hendak dites Corona agar tidak takut karena dalam rangka pemilahan untuk warga yang kategori berpotensi atau yang tidak berpotensi terinfeksi.

Rapid test Corona tersebut, kata dia, diadakan secara gratis karena Pemkab Pati ingin melindungi para pedagang dari penularan Virus Corona.

Selain di Pasar Juwana yang ditemukan reaktif corona, sebelumnya di Pasar Puri juga ada dua orang yang dinyatakan reaktif Corona.

"Reaktif Corona belum tentu saat tes swab positif corona. Untuk itu, tidak perlu khawatir berlebihan ketika dinyatakan reaktif usai tes cepat Corona," ujarnya.

Setelah pelaksanaan tes cepat di Pasar Juwana, Pemkab Pati akan mengadakan kegiatan serupa di pasar daerah lainnya, seperti Pasar Trangkil, Rogowangsan, Kayen, dan Tayu serta tempat-tempat umum lainnya.

Sementara pusat perbelanjaan, seperti ADA Swalayan, Luwes, dan Surya Baru sudah dilakukan dengan hasil nonreaktif.

Tes cepat Corona secara masif dalam rangka persiapan menghadapi pemberlakuan tatanan kehidupan baru atau new normal.

Ia berharap masyarakat untuk membiasakan diri beraktivitas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, cuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper