Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lima Provinsi Catat Kasus Tertinggi Covid-19, Jatim Posisi Teratas

Dari kelima provinsi, Jawa Timur masih menjadi daerah dengan penambahan kasus baru tertinggi.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 30 Mei 2020  |  18:38 WIB
Warga mengikuti tes diagnostik cepat Covid-19 (Rapid Test) secara
Warga mengikuti tes diagnostik cepat Covid-19 (Rapid Test) secara "drive thru" di halaman Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (28/5/2020). Tes diagnostik cepat gratis yang digelar salah satu rumah sakit swasta di Surabaya itu guna mengetahui kondisi kesehatan warga sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). - Antara/Didik Suhartono\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mencatat penambahan kasus baru positif virus Corona (Covid-19) yang cukup tinggi di lima pronvisi. Dari kelima provinsi tersebut, Jawa Timur masih menjadi daerah dengan penambahan kasus baru tertinggi.

“Ada lima provinsi dengan kasus positif tinggi di antaranya Jawa Timur,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto konferensi pers dari Graha BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Berdasarkan data yang dipublikasikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kelima provinsi dengan jumlah penambahan kasus tertinggi per Sabtu (30/5/2020) adalah Jawa Timur (199 kasus), DKI Jakarta (101 kasus), Sulawesi Selatan (42 kasus), Kalimantan Tengah (31 kasus), Jawa Barat (20 kasus).

Terkait kasus DKI Jakarta, dia menyatakan angka kasus baru positif tidak seluruhnya menggambarkan kondisi penyebaran Covid-19 di wilayah administrasi DKI Jakarta. Selain itu, jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, angka kasus baru cenderung menurun.

“Khusus DKI tidak seluruhnya berasal dari wilayah administrasi DKI karena seperti diketahui bersama sebagian besar saudara-saudara kita yang kembali dari luar negeri ke tanah air masuknya melalui Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Yuri.

Menurutnya, sudah menjadi ketentuan pemerintah bahwa WNI yang baru kembali dari luar negeri harus dilakukan pemeriksaan Covid-19.

“Beberapa diantara mereka ada yang positif konfirmasi Covid-19. Datanya akan masuk di dalam kelompok Provinsi DKI. Namun, bukan menggambarkan bahwa ini adalah kondisi wilayah administrasi DKI,” jelasnya.

Yurianto melanjutkan bahwa Sulawesi Selatan dan Kalimantan Tengah masih cenderung meningkat. Sementara itu, Jawa Barat, meskipun cukup tinggi, tetapi cenderung menurun dibandingkan hari sebelumnya

"Ini jadi penting kita pahami bersama. Bahwa masih ada kasus positif, masih ada penularan di tengah masyarakat. Masih ada orang yang bawa virus dan ada di tengah kita," katanya.

Adapun, pemerintah mencatat adanya penambahan kasus baru pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, sebanyak 557 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 25.773 kasus.

Selain itu, ada penambahan kasus meninggal sebanyak 53 orang. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 1.573 orang yang meninggal akibat virus SARS-CoV-2 di Indonesia.

Di sisi lain, ada sebanyak 523 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 7.015 pasien Covid-19 yang telah sembuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top