Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China, Selasa (4/2/2020). - ANTARA/Xinhua
Premium

Konspirasi Vaksin di antara Sengketa AS-China, Kesehatan Dunia, dan Bisnis

27 Mei 2020 | 12:56 WIB
Pencarian vaksin Covid-19 agaknya berada di pusaran kepentingan geopolitik dunia, bukan hanya menyangkut krisis kesehatan global.

Bisnis.com, JAKARTA — Pencarian vaksin Covid-19 agaknya bakal menjadi kandidat dalam perlombaan medis abad ini. Pasalnya, krisis kesehatan akibat pandemi virus corona kemungkinan tidak akan berakhir dengan sebuah vaksin, tetapi beberapa vaksin.

Lebih dari satu pengembang vaksin akan menjadi pemenang dari krisis ini, dengan beberapa di antara vaksin itu menggunakan pendekatan lebih tradisional dan lainnya berdasarkan teknologi melalui versi sintetis dari kode genetik virus.

Hingga saat ini, para periset di dunia setidaknya telah mengembangkan 70 kandidat vaksin untuk mengobati Covid-19.

“Jika kita berakhir dengan 2, 3, atau 4 vaksin, itu bagus karena kita [dunia] memiliki 7 miliar individu,” kata Kepala Ilmuwan Harvard Dan Barouch seperti dilansir Bloomberg, Selasa (26/5/2020).

Tim yang dipimpin Barouch adalah satu dari sekian banyak tim yang meneliti dan mengembangkan vaksin Covid-19 sejak Januari 2020.

Optimisme yang disampaikannya dilatarbelakangi oleh keyakinan bahwa sistem kekebalan tubuh manusia bisa menyembuhkan pasien yang terinfeksi Covid-19. Yang berarti membuatnya menjadi target lebih mudah ketimbang vaksin HIV yang dikenal justru memiliki kemampuan menyerang sistem kekebalan tubuh.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top