Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

49 WNI Klaster Tahanan Imigrasi dan Konstruksi Malaysia Terjangkit Covid-19

Sebanyak 49 WNI di Malaysia dinyatakan positif Covid-19. Mereka berasal dari Depo Tahanan Imigrasi dan lokasi konstruksi.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  13:53 WIB
Ilustrasi-Petugas perlindungan tenaga kerja (kanan) mendampingi sejumlah pekerja migran yang dideportasi dari Malaysia di Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Sabtu (7/3/2020). - ANTARA/Aswaddy Hamid
Ilustrasi-Petugas perlindungan tenaga kerja (kanan) mendampingi sejumlah pekerja migran yang dideportasi dari Malaysia di Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Sabtu (7/3/2020). - ANTARA/Aswaddy Hamid

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 49 WNI di Malaysia dinyatakan positif Covid-19. Mereka berasal dari Depo Tahanan Imigrasi dan lokasi konstruksi.

Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengatakan 49 WNI di Malaysia yang terbukti positif Covid-19 berasal dari dua klaster, yakni depo tahanan imigrasi dan kluster konstruksi.

Dari depo tahanan imigrasi terdapat 38 WNI yang positif Covid-19. Mereka tersebar di tiga depo, yakni Depo Tahanan Semenyih, Depo Tahanan Bukit Jalil, dan Depo Tahanan Sepang.

Sementara pada klaster kedua, terdapat 11 WNI positif Covid-19 di klaster konstruksi pembinaan yang berlokasi di Kuala Lumpur.

“Sesuai dengan informasi yang disampaikan pemerintah Malaysia terkait dengan kluster konstruksi, lokasi konstruksi sudah ditutup,” ujar Judha dalam press briefing, Rabu (27/5).

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, total kumulatif kasus WNI terpapar Covid-19 di Malaysia mencapai 157 orang. Adapun perinciannya adalah 27 WNI sembuh, 128 stabil, dan 2 orang meninggal. Dengan demikian, kasus WNI terpapar Covid-19 di Malaysia menjadi yang tertinggi.

“Kami juga mendorong pihak majikan bertanggung jawab memberikan perlindungan kepada pekerja migran kita untuk memberikan keamanan di lokasi kerja maupun di lokasi penginapan,” lanjut Judha.

Kemenlu juga mencatat kepulangan WNI dari Malaysia hingga saat ini mencapai 78.930 WNI. Sebanyak 61 persen melalui jalur laut, 24 persen darat, dan 15 persen udara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malaysia wni Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top