Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Covid-19 Jatim masih Tinggi, Satu Laboratorium malah Rusak. Doni Monardo Kirim 2 Mobil Lab

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengirimkan dua unit Mobil Laboratorium Bio Safety Level 2 ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  08:54 WIB
Loading the player ...
Peninjauan Mobil Lab Bio Safety Level 2 untuk Penanganan COVID/19 di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Video: Youtube BNPB Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengirimkan dua unit Mobil Laboratorium Bio Safety Level 2 ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangana Covid-19 Doni Monardo mengatakan bahwa pengiriman dua unit mobil lab. BSL 2 dilakukan karena ada satu laboratorium di Surabaya yang rusak.

"Di Surabaya ada salah satu laboratorium yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa melakukan pemeriksaan. Oleh karenanya pengiriman kendaraan mobile BSL 2 ini bisa membantu Pemerintah Provinsi Jawa Timur khususnya Surabaya," katanya dalam keterangan resminya, Rabu (27/5/2020).

Lebih lanjut, Doni juga memastikan bahwa pihaknya telah menyiapkan tiga unit Mobil Laboratorium BSL 2 yang akan ditempatkan di Lumajang, Surabaya, dan Sidoarjo.

Diketahui mobil ini telah dilengkapi PCR atau polymerase chain reaction dengan teknologi terbaru dari Korea Selatan yakni menggunakan Crystal Mix dengan reagen padat.

Keunggulannya, alat dan reagennya bisa dibawa kemanapun tanpa ada perlakuan khusus karena bisa disimpan dalam suhu ruangan. Pasalnya, secara umum reagen cair harus disimpan dalam suhu minus 80 derajat Celcius.

Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur mencatat pasien positif Covid-19 hingga 25 Mei 2020, pukul 17.00 WIB mencapai 3.875 orang.

"Tambahan kasus positif per hari ini adalah 233 orang," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin malam.

Khusus tambahan kasus baru di Surabaya Raya, masing-masing rinciannya yaitu Kota Surabaya sebanyak 120 orang, Kabupaten Sidoarjo 30 orang dan Kabupaten Gresik enam orang.

Di tiga daerah tersebut, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, yaitu Surabaya 2.095 orang, Sidoarjo sebanyak 533 orang, serta Gresik 132 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top