Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zakat Fitrah Jabodetabek Rp40.000 bisa Dibayar Online, Ini Caranya

Zakat fitrah 2,5 kilogram (3,5 liter) beras untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) ditetapkan senilai Rp40.000 dan bisa dibayar secara online melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Ini caranya.
Sistem online pembayaran zakat fitrah Baznas.go.id
Sistem online pembayaran zakat fitrah Baznas.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Zakat fitrah 2,5 kilogram (3,5 liter) beras untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) ditetapkan senilai Rp40.000 dan bisa dibayar secara online melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Menjelang Idulfitri yang kemungkinan besar jatuh hari Minggu 24 Mei 2020, pastikan Anda sudah membayar zakat  yang biasanya diterima masjid maksimal sehari sebelum Salat Indulfitri.

Melalui Surat Keputusan Ketua Baznas No.27 tahun 2020 tentang Nilai Zakat Fitrah dan Fidyah untuk Wilayah Jabodetabek, nilai zakat fitrah di Jabodetabek ditetapkan Rp40.000 per jiwa.

Dengan demikian, besarnya nilai pembayaran zakat fitrah secara kolektif per keluarga tergantung dari jumlah jiwa keluarga masing-masing.

Pembayaran secara fisik zakat fitra Rp40.000 tersebut bisa dilakukan melalui pengurus zakat masjid di domisili Anda.

Namun, jika tidak sempat melakukan pembayaran secara fisik, Anda bisa melakukan pembayaran secara online di laman resmi pemeringah https://baznas.go.id/bayarzakat.

Ada empat pilihan pembayaran online, yaitu Go Pay, Transfer, PayPal, dan Kartu Kredit. Berikut rinciannya.

Online

Pilih jenis dana dengan Zakat Fitrah, kemudian pilih jumlah jiwa sehingga akan muncul angka nominalnya kelipatan Rp40.000.

Anda akan diminta menuliskan nama, nomor ponsel, serta elamat e-mail. Alamat e-mail diperlukan untuk mengirimkan bukti transaksi pembayaran.

Setelah itu ada lima pilihan pembayaran online, yaitu Gopay, OVO, Dana, LinkAja!, dan Jenius Pay.

Tulisan ini mensimulasikan pembayaran dengan GoPay. Setelah diklik LANJUTKAN PEMBAYARAN, maka  akan muncul kotak dialog informasi pembayaran. Klik CONTINUE, kemudian klik PAY NOW untuk mendapatkan QRCode untuk proses pembayarannya.

Dengan Transfer

Setelah mengisi nominal, nama, nomor ponsel, dan alamat e-mail, pilih bank untuk transfer.

Sementara ini, Baznas menyediakan empat rekening bank yang bisa mengeluarkan virtual account untuk memudahkan transfer, yaitu BCA, Mandiri, BNI, dan Permata Bank.

Di luar empat bank itu, klik menu BANK LAINNYA untuk mendaptkan daftar rekening Basnaz.

Jika memilih menggunakan virtual account, klik salah satu dari empat bank itu, lalu klik LANJUTKAN PEMBAYARAN, sehingga muncul kotak dialog berisi nominal zakat fitrah, nama, nomor ponsel, dan e-mail yang Anda isikan.

Klik CONTINUE sehingga muncul pilihan dua model pembayaran: ATM dan Internet Banking.

Jika memilih menggunakan virtual account, klik SEE ACCOUNT NUMBER sehingga akan muncul virtual account bank yang Anda pilih.

Jika memilih menggunakan Internet Banking, setelah klik SEE ACCOUNT NUMBER akan muncul daftar company code Baznas serta kode pambayaran untuk proses transfer.

Anda diberi batas waktu 24 jam untuk melakukan proses transfer, baik menggunakan virtual account maupun Internet Banking.

PayPal dan Kartu Kredit

Untuk pembayaran dengan PayPal maupun kratu kredit prosesnya sama. Setelah melengkapi isian, pilih PayPal atau Kartu Kredit dan klik LANJUTKAN PEMBAYARAN untuk memproses transer zakat fitra.

Hanya saja, untuk pembayaran melalui PayPal berlaku ketentuan minimal nominal pembayaran US$5 atau sekitar Rp75.000. Jadi tidak bisa melayani pembayaran zakat fitrah untuk satu orang dengan nominal Rp40.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper