Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Salat Idulfitri Boleh Berjamaah di Masjid, Asal...

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah rampung membahas fatwa panduan salat Idulfitri 1441 H di tengah pandemi Covid-19.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  18:12 WIB
Salat Id di Lapangan Renon, Bali, Rabu (5/6/2019). JIBI/Bisnis - Tim Jelajah Jawa/Bali 2019
Salat Id di Lapangan Renon, Bali, Rabu (5/6/2019). JIBI/Bisnis - Tim Jelajah Jawa/Bali 2019

Bisnis.com, JAKARTA — Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam sholeh menuturkan Salat Idulfitri berjamaah dapat dilaksanakan di Tanah Lapang, Masjid, dan Mushola dengan syarat di wilayah tersebut tidak ada indikasi penyebaran kasus positif Covid-19.

“Yang pertama kawasan sudah terkendali pada saat 1 syawal nanti. Apa indikatornya? salah satu indikasinya ditandai angka penularan sudah menunjukkan kecenderungan menurun,” kata Asrorun saat memberi keterangan pers di Graha Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), Jakarta, pada Senin (18/5/2020).

Selain itu, Asrorun mengatakan terdapat kebijakan publik terkait dengan pelonggaran aktivitas sosial yang memungkinkan terjadinya kerumunan.

“Berdasar pada otoritas yang punya kompetensi dan juga kredibilitas, otoritas di bidang epidemiologi dan otoritas di bidang kesehatan masyarakat yang amanah yang kompeten dan kredibel,” ujarnya.

Dia juga mengatakan Salat Idulfitri berjamaah juga dimungkinkan di kawasan yang terkendali atau di kawasan yang bebas Covid-19.

“Seperti di kawasan pedesaan yang terisolasi, kemudian di kepulauan terpencil, atau perumahan terbatas yang homogen, yang tidak ada Covid-19, tidak ada korban dan tidak ada orang lalu-lalang keluar masuk yang diduga menjadi carrier,” kata dia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah rampung membahas fatwa panduan salat Idulfitri 1441 H di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini terungkap dalam Fatwa MUI 28/2020 tentang panduan kaifiat takbir dan salat idulfitri saat pandemi Covid-19 yang diunggah laman resmi mui.or.id, Kamis (14/5/2020).

Berdasarkan berbagai pertimbangan, MUI menetapkan bahwa salat Idulfitri bisa dilakukan di rumah secara sendirian (munfarid) atau berjemaah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mui idulfitri salat id Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top