Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Sebut Jiwa Sosial Didi Kempot Tinggi

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Didi Kempot.
Didi Kempot saat memegang ponsel/instagram
Didi Kempot saat memegang ponsel/instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia kembali kehilangan salah satu musisi terbaiknya. Maestro musik campursari, Dionisius Prasetyo atau lebih dikenal dengan nama Didi Kempot, meninggal dunia, Selasa (5/5/2020) di Solo Jawa Tengah pada pukul 07.30 WIB.

IDidi Kempot meninggal diduga karena serangan jantung. 

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian penyanyi legendaris ini.

“Inna lillahi Wa Inna ilaihi roji'un, selamat jalan untuk mas Didi, karya-karyamu membanggakan, kami keluarga besar Direktorat Jenderal Kebudayaan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, karyamu akan selalu kami kenang,” ungkap Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/5/2020).

Hilmar Farid menilai Didi Kempot sebagai sosok seniman yang berbakat dan punya jiwa sosial tinggi. Hilmar juga mengatakan sikap Didi Kempot yang mengajak gotong royong dan kreativitasnya dalam bermusik merupakan hal baik bagi Indonesia.

“Inisiatif gotong royong kemanusiaan almarhum Didi Kempot sangat dihargai, dan sumbangan kreatif almarhum dalam dunia musik Indonesia sangat dihormati oleh semua kalangan,” ucap Hilmar.

Dia melihat Didi Kempot sebagai seorang musisi yang berhasil menaikkan nilai tradisi dan melestarikan budaya asli indonesia dgn tetap menggunakan bahasa Jawa dan tradisi-tradisi Jawa, tetapi karena musiknya yang memang menghibur seluruh kalangan maka dirinya tidak hanya disukai oleh kalangan Jawa saja.

Direktorat Jenderal Kebudayaan terakhir kali berhasil mengajak Didi Kempot untuk tampil saat acara Pekan Kebudayaan Nasional 2019, Oktober 2019 silam. Saat itu Didi Kempot berhasil menggoyang Panggung Siger pada hari ke empat Pekan Kebudayaan Nasional 2019.

Lebih  dari 40.000 Sobat Ambyar, memadati Parkir Selatan di sisi Istora Senayan. Di depan panggung itu, mereka memadati arena sambil asyik berjoget. Didi Kempot juga berencana tampil kembali pada Pekan Kebudayaan Nasional 2020 mendatang.

Didi Kempot dikenal sebagai sosok seniman yang sangat peduli kepada lingkungan sekitarnya, terbukti sebelum meninggal dunia dirinya sempat menggelar konser amal rumah dan berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 7,6 milyar yang seluruhnya untuk guna membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Devi Sri Mulyani
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper