Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gelar Rapid Test, Relawan Indonesia Bersatu Deteksi 13 Kasus Terindikasi Covid-19

Sebanyak 13 kasus terindikasi Covid-19 terlacak dalam rapid test yang diselenggarakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 April 2020  |  14:17 WIB
Gelar Rapid Test, Relawan Indonesia Bersatu Deteksi 13 Kasus Terindikasi Covid-19 - Instagram/Sandiagauno
Gelar Rapid Test, Relawan Indonesia Bersatu Deteksi 13 Kasus Terindikasi Covid-19 - Instagram/Sandiagauno

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 13 kasus terindikasi Covid-19 terlacak dalam rapid test yang diselenggarakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, yang dipimpin Sandiaga Uno itu mendeteksi 13 orang terindikasi positif Covid-19 setelah lima hari menggelar rapid test untuk masyarakat.

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Salahudin Uno, di Jakarta, Minggu (26/4/2020), mengatakan hingga hari kelima penyelenggaraan rapid test, relawan telah melakukan pengujian terhadap 1.896 warga. Tercatat sebanyak 1.624 relawan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Saudara-saudara kita yang mengikuti rapid test ini sebanyak 13 orang yang terindikasi positif terjangkit Covid-19 dan segera langsung ditangani di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, kerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19," kata Sandi.

Selain rapid test, lanjut Sandi, kepada warga yang berpartisipasi diberikan bantuan sembako. Bantuan diberikan untuk meringankan masyrakat yang selain terpapar krisis kesehatan Covid-19 juga terdampak ekonominya.

Perkembangan lainnya, lanjut Sandi, pada hari kelima kegiatan tersebut terdapat 10 simpul relawan yang bergabung dalam aksi Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19.

"Alhamdulillah, kita juga akan meninjau rapid test dan pelaksanaan pembagian sembako, semuanya mengacu pada protokol Covid-19 yang disiplin, jaga jarak, dan dipastikan menggunakan masker dan menggunakan APD, melakukan kegiatan tracking dan tracing," kata Sandi.

Kegiatan rapid test gratis untuk masyarakat ini, menurut Sandi, akan berlanjut dengan memanfaatkan mobil unit rapid test yang dijadwalkan berkeliling mengunjungi kelurahan-kelurahan.

"Setelah itu kami juga akan melakukan pelepasan unit mobil yang akan membantu bersama dengan aparat kegiatan dekontaminasi disinfektan di beberapa wilayah di Jakarta Pusat, [juga] akan didrop sebagian bantuan sembako" kata Sandi.

Kegiatan mobil pengujian tes massal Covid-19 itu, lanjut Sandi, direncanakan berlangsung selama 7 hari. Langkah itu merupakan upaya jemput bola atau mendatangi masyarakat hingga ke kelurahan untuk memberikan layanan rapid test.

"Rapid test ini akan digantikan dengan mobil rapid test unit, yang Insya Allah akan datang pada awal minggu depan," ucap Sandi.

Terkait alat, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 memiliki ketersediaan yang cukup untuk menggelar rapid test bagi masyarakat.

"Kita cukup untuk sekarang ada 15 ribu lebih, kita akan terus lengkapi, siapkan tambahan-tambahan dari jumlah alat rapid test ini," ujar Sandi.

Sandiaga juga mengimbau agar masyarakat berpartisipasi aktif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan disiplin berada di rumah saja, menjaga jarak, menggunakan masker, dan berpartisipasi dalam gerakan dekontaminasi secara bersama-sama.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 mengkonsolidasikan para relawan yang ingin membantu aparat pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, TNI, Polri, dan BIN untuk bersinergi bergerak bersama melawan pandemi virus Corona.

Berdasar keterangan di Instagram Sandiaga Uno, 300 kelompok relawan lintas organisasi tergabung dalam Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sandiaga uno Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top