Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) terdampak perpanjangan masa "Lockdown" di Malaysia tiba di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai di Dumai, Riau, Jumat (27/3/2020). Sebanyak 64 WNI dari Malaysia tiba di Dumai setelah melakukan transit lewat Tanjung Balai Karimun Kepri akibat terdampak perpanjangan masa Lockdown hingga 14 April 2020 terkait pandemi wabah COVID-19 di negara tersebut. - ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Premium

Lockdown Belum Berakhir di Malaysia, Apa Kabar Pekerja Migran Indonesia?

22 April 2020 | 19:39 WIB
Pemerintah Malaysia telah menerapkan lockdown sejak akhir bulan lalu. Kebijakan tersebut berdampak besar terhadap kelangsungan hidup para pekerja migran Indonesia di Negeri Jiran.

Bisnis.com, JAKARTA — Malaysia merupakan salah satu negara utama penempatan pekerja migran dari Indonesia. Dengan diberlakukannya lockdown di Negeri Jiran, bagaimana nasib mereka?

Pemberlakuan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) di Malaysia sudah hampir memasuki satu bulan lamanya, tetapi belum ada tanda-tanda pemerintah setempat bakal menghentikannya dalam waktu dekat.

Sejak PKP diberlakukan pada 18 Maret 2020, masa lockdown sebagai respons pandemi Covid-19 sudah diperpanjang selama 2 kali, masing-masing hingga 14 April 2020 dan 28 April 2020. Perpanjangan masa lockdown di Malaysia mau tidak mau menekan masyarakat kelas menengah ke bawah, apalagi yang harus bergantung pada pendapatan harian.

Delil Khairat, pria asal Indonesia yang sudah bekerja di Malaysia sejak 10 tahun lalu, mengaku tidak mengalami kesulitan berarti ketika PKP mulai diberlakukan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top