Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Luncurkan Program untuk Pekerja Seni dan Budaya Terdampak Wabah Covid-19

Pemerintah menyiapkan program bantuan untuk pekerja seni yang terdampak wabah Corona di Indonesia.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 07 April 2020  |  15:05 WIB
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid - Instagram
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan program bantuan untuk pekerja seni yang terdampak wabah Corona di Indonesia.

Ditjen Kebudayaan akan melakukan pendataan bagi pada pekerja seni dan budaya yang terdampak wabah Covid-19. Hal tersebut disampaikan disampaikan Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, melalui video conference, Selasa (7/4/2020).

Hilmar mengungkapkan, para pekerja seni masih bisa bertahan dan berkegiatan di tengah pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan media daring. Melalui pendataan tersebut, pemerintah bisa turut membantu para pekerja seni dan kebudayaan.

“Langkah pemerintah untuk membantu pekerja seni dan kebudayaan ada dua skema. Yakni yang pertama memiliki kriteria berpenghasilan di bawah 10 juta rupiah, tidak memiliki pekerjaan lain di luar kesenian, sudah berumah tangga, dan belum mendapat program kartu pra-kerja. Kriteria yang pertama ini nantinya akan di integrasikan kedalam program PKH,” ujar Hilmar

“Sementara untuk kriteria dua, syaratnya berpenghasilan kurang dari 10 juta perbulan, belum berkeluarga, tidak memiliki pekerjaan di bidang lain dan belum mendapat program kartu pra-kerja” tambahnya

Sejak dibuka pada hari Jumat lalu, sampai Rabu siang ini sudah ada 40.081 pekerja seni yang mendaftar. Angka tersebut akan terus bertambah sampai ditutupnya pendaftaraan pada Rabu besok untuk direkap dan dimasukkan dalam tahap pertama.

Pendaftaran akan terus terbuka, untuk tahap berikutnya.

Diharapkan dengan program ini mereka yang bekerja di bidang kreatif tidak kehilangan pekerjaannya dan tetap produktif berkarya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebudayaan Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top