Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Bob Hasan saat menghadiri operasi Katarak gratis di Jakarta, Sabtu (22/10/2016). Bisnis - Abdullah Azzam
Premium

Historia Bisnis: Antara Bob Hasan, Anatoly Karpov dan Medali Emas Catur Dunia

31 Maret 2020 | 13:30 WIB
Keberhasilan Bob Hasan membuat dwi tarung antara Anatoly Karpov (Rusia) dan Jan Timman (Belanda) membawa namanya meraih penghargaan dari federasi catur dunia. Selain itu, ia juga menjadi anggota kehormatan FIDE.

Bisnis.com, JAKARTA - Muhammad Hassan. Atau orang lebih mengenalnya dengan sebutan Bob Hasan. Bagi banyak orang, pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah pada 1931 itu mungkin dikenal dalam dua dunia.

Yang pertama bisnis. Untuk urusan ini, nampaknya portofolio dia bakal sulit disebutkan satu per satu. Musababnya, sangat banyak. Mulai dari industri kayu, asuransi, makanan olahan, media, hingga penukaran mata uang dan travel agency, ia miliki.

Dunianya yang kedua, tak lain, adalah olahraga atletik.  Tak salah rasanya Indonesia menyematkan nama Bob bapak atletik nasional saat ia terpilih kembali sebagai Ketua Umum Persatuan Ateltik Seluruh Indonesia (PASI) periode 2016-2020.

Pasalnya, ia sudah memimpin federasi tersebut sejak 1976, alias lebih dari empat dekade. Tak sedikit atlet atletik kelas Asia yang lahir dari tangannya. Sebut saja, beberapa di antaranya, Purnomo Muhammad Yudhi, Mardi Lestari, Suryo Agung, Triyaningsih, Maria Londa, hingga si fenomenal Lalu Muhammad Zohri yang teranyar.

Mudahnya, tak sulit mencari jejak Bob Hasan di dunia bisnis dan atletik tanah air. Ketiklah nama dia di mesin pencari Google. Niscaya, yang keluar adalah Bob Hasan dengan dua dunianya tersebut.

Namun, siapa sangka, Bob Hasan memiliki kiprah yang tak kalah ciamik di dunia olahraga catur. Bahkan, penghargaan yang diterima tak main-main, tingkat internasional oleh federasi yang sangat kredibel.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top