Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Virus Corona, Aplikasi Ini Bantu Polri Temukan Kerumunan Masyarakat

Aplikasi Qlue bersama startup lainnya di bawah MDI Ventures membuat platform berbasis integrasi data, chatbot dan pelaporan warga yang dapat membantu pemerintah.
Ilustrasi./Bloomberg-Veejay Villafranca
Ilustrasi./Bloomberg-Veejay Villafranca
Bisnis.com, JAKARTA — Aplikasi Qlue bersama startup lainnya di bawah MDI Ventures membuat platform berbasis integrasi data, chatbot dan pelaporan warga yang dapat membantu pemerintah, terutama Polri dalam menemukan kerumunan masyarakat.
 
CEO Qlue, Rama Raditya mengemukakan pihaknya bakal membantu penuh Pemerintah mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 di Indonesia.
 
Dia menjelaskan laporan mengenai virus corona atau covid-19 oleh masyarakat bisa divisualisasi dalam bentuk peta yang dapat diakses publik di dashboard www.indonesiabergerak.com/laporan-warga.
 
Laporan masyarakat tersebut, kata Rama dapat diintegrasikan dengan data lainnya, sehingga bisa membantu orang untuk melihat penyebaran virus corona atau covid-19 di Indonesia. Selain itu, bisa juga mengurangi penyebaran virus corona dengan laporan kerumunan masyarakat dan melihat data rumah sakit yang penuh.
 
"Mulai hari ini, Qlue mengaktifkan ekosistem smart city dengan menyediakan QlueApp sebagai platform warga untuk melaporkan dan memantau perkembangan Covid-19 dan aplikasi QlueWork (aplikasi manajemen tenaga kerja/workforce management) yang digunakan petugas BNPB di lapangan untuk mengoordinasikan berbagai tugas secara efektif dan efisien," tutur Rama dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (24/3/2020).
 
Secara terpisah, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan partisipasi dari Qlue dan startup anak bangsa lainnya membantu BNPB dalam memberikan pemahaman dan informasi yang cepat, akurat, dan transparan ke masyarakat. 
 
Selain itu, menurutnya, partisipasi masyarakat dalam melaporkan suspect Covid-19, kerumunan masyarakat yang dapat berpotensi menyebarkan virus corona, hingga data rumah sakit yang penuh juga sangat dibutuhkan BNPB sebagai data untuk menganalisa dan menentukan langkah selanjutnya dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.
 
"Inisiatif startup karya anak bangsa ini akan membantu BNPB membuat kebijakan strategis dalam mengatasi pandemi Covid-19. Kolaborasi BNPB bersama Qlue ini telah kami rintis sejak 2017 lalu untuk mempercepat proses pemulihan pasca bencana di seluruh Indonesia dan saat ini BNPB meningkatkan kerjasama dengan Qlue untuk berada di gerbong yang sama untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia," katanya.
 
Sementara itu, Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga menyambut baik langkah Qlue dan startup lainnya di bawah koordinasi perusahaan modal ventura Telkom Indonesia, MDI Ventures, yang berinisiatif membantu pemerintah Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19. 
 
Menurutnya, Kementerian BUMN melalui MDI Ventures menyiapkan inovasi digital yang dapat membantu pemerintah melakukan pencegahan, pelaporan dan sosialisasi mengenai penyebaran Covid-19 terhadap masyarakat.
 
"Indonesiabergerak.com merupakan wujud nyata BUMN di bidang digital untuk menekan persebaran pandemi Covid-19 di Indonesia. Semoga kolaborasi di bawah MDI Ventures itu, bisa membantu penuh masyarakat dalam membantu pemerintah menekan laju persebaran Covid-19," ujarnya.
 
Secara terpisah, Managing Partner MDI Ventures, Kenneth Li mengemukakan sebagai perusahaan modal ventura di bawah Telkom Indonesia, MDI Ventures akan membantu Indonesia mengatasi penyebaran virus corona. Menurutnya, Qlue dan startup lain di bawah MDI Ventures siap kolaborasi membantu masyarakat mendapat perkembangan informasi secara real-time serta berpartisipasi dalam melaporkan perkembangan virus corona di lingkungannya.
 
"Semoga platform ini bisa memacu startup lain dalam mengembangkan sesuatu untuk membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid- 19," tuturnya.
 
 
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper