Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Google Luncurkan Laman Khusus Virus Corona

Virus corona diketahui telah menyebar ke seluruh dunia, menginfeksi lebih dari 250.000 orang dan membunuh lebih dari 10.000 di antaranya.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 21 Maret 2020  |  12:59 WIB
Logo Google. - Bloomberg/Andrew Harrer
Logo Google. - Bloomberg/Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA - Google meluncurkan situs web yang didedikasikan untuk informasi tentang virus Corona (Covid-19), seminggu setelah Presiden AS Donald Trump mendorong perusahaan-perusahaan membantu melawan wabah ini.

Raksasa internet itu mengatakan pihaknya bekerja dengan agen dan otoritas yang relevan untuk meluncurkan situs dengan alamat google.com/covid19. Laman tersebut menampilkan edukasi, pencegahan, dan sumber daya lokal yang berkaitan dengan virus corona.

Di bagian atas situs, ada kotak informasi yang menggambarkan gejala virus, tips perawatan dan pencegahan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Google juga menyertakan tautan ke departemen kesehatan negara bagian di AS, tren pencarian terkait dengan Covid-19, dan sumber daya lainnya untuk individu, pendidik, dan bisnis.

"Diluncurkan hari ini di AS, situs akan tersedia dalam lebih banyak bahasa dan negara dalam beberapa hari mendatang dan kami akan memperbarui situs web saat lebih banyak sumber daya tersedia," kata Google dalam sebuah pernyataan yang dilansir Bloomberg, Sabtu (21/3/2020).

Virus corona diketahui telah menyebar ke seluruh dunia, menginfeksi lebih dari 250.000 orang dan membunuh lebih dari 10.000 di antaranya. Di AS, sekitar sepertiga populasi telah diperintahkan untuk tetap di rumah. Hal itu sontak memicu kejatuhan pasar keuangan dan peringatan yang mengerikan akan penurunan ekonomi.

Sebagai distributor sebagian besar informasi online, Google dan raksasa internet lainnya telah diminta untuk membantu dengan membatasi informasi yang salah dan menyoroti sumber yang dapat dipercaya.

Pada 13 Maret, Trump mengatakan bahwa Google Alphabet Inc. memiliki sekitar 1.700 teknisi yang bekerja di situs web virus. Pada saat itu, tidak ada yang tahu persis apa yang dia bicarakan. Verily, sebuah unit layanan kesehatan Alphabet, telah meluncurkan situs web triase yang menawarkan sejumlah tes virus di Silicon Valley.

Google berharap untuk memasukkan tautan di situsnya ke kuesioner dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS yang akan menanyakan kepada pengunjung tentang gejala virus apa pun dan mengarahkan mereka ke lokasi pengujian dan sumber daya lainnya.

Di bawah tab sumber daya di sebelah kiri situs itu, perusahaan terhubung ke banyak layanannya sendiri. Bagian untuk guru tentang cara mengajar siswa dari penawaran perusahaan yang terdaftar di rumah seperti Google Classroom, Google Docs, dan Google Hangouts.

Situs itu juga menyertakan tautan ke beberapa video YouTube, yang diambil dari saluran yang akan dikuratori. Selain itu, Google membuat halaman pencarian khusus tentang Covid-19. Perusahaan tidak akan menampilkan iklan di samping laman ini ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google Virus Corona
Editor : Rio Sandy Pradana
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top