Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Skenario Pemprov Jawa Barat Hadapi Potensi Lonjakan Pasien Corona  

Disiapkan 900 tempat tidur untuk melakukan isolasi pasien terinfeksi virus corona.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  02:21 WIB
ilustaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/9), untuk membicarakan berbagai potensi kerja sama di provinsi tersebut. - JIBI/Wisnu Wage Pamungkas
ilustaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/9), untuk membicarakan berbagai potensi kerja sama di provinsi tersebut. - JIBI/Wisnu Wage Pamungkas

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah merampungkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan pasien Corona atau Covid-19.

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, skenario itu disusun dengan melihat trend peningkatan jumlah pasien terinfeksi virus Corona dalam beberapa hari terakhir.

“Kami sudah menyiapkan berbagai skenario, termasuk skenario apabila lonjakan ini sangat tinggi sekali harus masuk di mana saja. Kami saat ini sedang mempersiapkan itu semua,” ujar Setiawan seperti dilansir dari Tempo, Kamis, (19/3/2020).

Menurut  Setiawan, saat ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami sudah menunjuk 34 rumah sakit di daerah Jawa Barat untuk bersiap menampung pasien Covid-19. Selain itu, persiapan pembelian peralatan untuk ruang isolasi rumah sakit juga tengah dimatangkan. Pemprov Jawa Barat telah menyiapkan Rp48 miliar yang diperoleh dari pergeseran anggaran di APBD Jawa Barat.

“Kami memang merencanakan untuk membeli beberapa peralatan. Termasuk kit (tes-kit), kemudian PCR, dan Alat Pelindung Diri (APD) lainnya termasuk juga bantuan rumah sakit terakit dengan ruang isolasi,” kata Setiawan.

Skenario lanjutan yang sedang dimatangkan oleh Pemprov Jawa Barat adalah melalui kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk TNI. Menurut Setiawan, saat ini Kodam III/Siliwangi sudah menyanggupi menyiapkan hingga 900 tempat tidur untuk merawat pasien Covid-19.

“Pihak Kodam juga sudah menawarkan. Ada kurang lebih 90 bed yang sudah proper yang memadai bisa digunakan. Lalu apabila terus meningkat, ada kurang lebih 900 bed yang kami bisa gunakan, dan pihak TNI sudah menawarkan itu,” kata dia.

Selain mengupayakan tambahan ruang perawatan, pemerintah daerah juga sudah bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pendidikan dr. Hasan Sadikin (RSJS) Bandung untuk mempersiapkan penambahan kapasitas ruang perawatan untuk Covid-19.

Menurut Setiawan saat ini pihak rumah sakit sudah menyiapkan Gedung Kemuning yang digunakan pasien Tuberkolosis. Pasien TB yang ada nantinya akan dipindahkan ke rumah sakit lain sehingga satu gedung akan digunakan untuk pasien Covid-19 ini.

Berdasarkan data resmi melalui situs www.covid19.go.id, hingga  Jumat 20 Maret 2020 dinihari secara nasional tercatat sebanyak 309 pasien positif virus corona, sebanyak 25  pasien meninggal dan 15 pasien sembuh..Sedangkan untuk Jawa Barat tercatat 26 kasus terkonfirmasi positif Corona, dan 1 orang meninggal dunia

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona

Sumber : Tempo

Editor : Anggara Pernando
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top