Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasien Virus Corona Diprediksi Membludak, Pemerintah Siapkan 3.000 Tempat Tidur

Pemerintah memproyeksikan pasien virus corona (Covid-19) bakal bertambah menjadi 3.000 orang, maka fasilitas perawatan juga dipersiapkan.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  15:42 WIB
Suasana wisma atlet Para Village Senin (1/10/2018).  - Bisnis/Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Suasana wisma atlet Para Village Senin (1/10/2018). - Bisnis/Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menghitung akan ada tambahan kapasitas untuk merawat sekitar 3.000 pasien virus corona (Covid-19) dalam waktu dekat.

Satu di antaranya adalah Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, pada pekan depan atau Senin (23/3/2020), akan siap menampung sekitar 2.000 pasien.

“Saat ini sudah ada 2 tower, tidak lama lagi, hari Senin, sudah bisa berfungsi untuk sekitar 2.000 tempat tidur,” kata Doni Monardo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 usai rapat bersama Presiden Joko Widodo, Kamis (19/3/2020).

Penyelenggaraan Wisma Atlet nantinya akan diserahkan kepada satuan gabungan TNI yang memiliki kualifikasi di bidang medis. Kemudian pengelolaan akan dilaksanakan di bawah koordinasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain itu, tiga rumah sakit swasta juga telah mengantongi izin Kementerian Kesehatan untuk ikut berpartisipasi dan dua lainnya segera menyusul. Rumah sakit milik swasta ini diperkirakan dapat menampung sekitar 1.000 pasien.

Sementara itu, pemerintah saat ini memiliki 130 rumah sakit rujukan. Namun masih terkonsentrasi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Kami mendorong agar beberapa rumah sakit yang lain bisa ditata ulang, disiapkan lebih baik, untuk bisa menerima pasien Covid-19,” kata Doni.

Adapun hingga, Rabu (18/3/2020) pukul 17.58 WIB, Kementerian Kesehatan mencatat 227 kasus positif. Sebanyak 19 orang diantaranya telah meninggal dunia, sedangkan 11 lainnya telah dinyatakan sembuh.

Data tersebut menjadikan Indonesia dengan rasio kematian Covid-19 di atas rata-rata dunia. Tingkat kematian di Tanah Air sebesar 8,4 persen, sedangkan dunia 4 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona perawatan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top