Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Karantina Virus Corona Berakhir Sabtu, Jokowi: Sesuai Protokol WHO

Presiden Joko Widodo memastikan 238 warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Wuhan dalam kondisi sehat dan dapat dikembalikan ke keluarga masing-masing. Mereka telah melalui 14 hari karantina dan akan berakhir Sabtu (15/2/2020) sesuai protokol kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  12:13 WIB
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan China di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). -  ANTARA / M Risyal Hidayat
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan China di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). - ANTARA / M Risyal Hidayat

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo memastikan 238 warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Wuhan dalam kondisi sehat dan dapat dikembalikan ke keluarga masing-masing. Mereka telah melalui 14 hari karantina dan akan berakhir Sabtu (15/2/2020) sesuai protokol kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kita harapkan masyarakat juga menerima apa adanya. Sudah 14 hari dikarantina dan gak ada masalah," katanya di Taman Nasiona Merapi Jurang Jero, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020).

Adapun Kementerian Kesehatan menyatakan besok, Sabtu (15/2/2020) pukul 12.00 WIB masa observasi di Natuna berakhir. Rencananya, seluruh WNI yang dievakuasi dari Hubei dan tim pendukung akan langsung diterbangkan ke Lapangan Udara Halim Perdanakusuma menggunakan 2 Boeing dan 1 Hercules.

Sesampainya di Jakarta, para WNI dari Wuhan akan diserahkan ke Pemerintah Daerah masing-masing, para prajurit TNI ke Panglima TNI dan crew Batik ke Lion Air.

Pada Sabtu pagi akan dilakukan pengecekan kesehatan terakhir, kemudian penyiapan mereka kembali ke Jakarta. Sebelum pulang ke Jakarta, mereka akan dilepas secara adat dari Kabupaten Natuna yakni Tepung Tawar.

Seperti diketahui, 238 WNI tersebut dievakuasi pemerintah dari provinsi Hubei, China. Hal ini dilakukan setelah WHO menyatakan Covid-19 sebagai situasi darurat global. Hubei menjadi pusat penyebaran virus tersebut.

Sementara itu berdasarkan data WHO, per Jumat (14/2/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif Covid-19 terus bertambah atau menjadi 64.436 orang di seluruh dunia. Begitu pula dengan korban jiwa yang telah mencapai 1.383 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus corona
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top