Truk tak Kuat Menanjak di Tol, Dihantam Bus Sinar Jaya, 2 Tewas

Bus Sinar Jaya tipe Suite Class (sleeper bus) jurusan Jakarta-Surabaya menabrak truk bermuatan kayu yang melorot karena tak kuat menanjak di Tol Ungaran pada Jumat dini hari (14/2/2020).
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  10:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Bus Sinar Jaya tipe Suite Class (sleeper bus) jurusan Jakarta-Surabaya menabrak truk bermuatan kayu yang melorot karena tak kuat menanjak di Tol Ungaran pada Jumat dini hari (14/2/2020).

Informasi dari akun Facebook komunitas penggemar bus dan truk menyebutkan bus tersebut adalah tipe Suite Class atau sleeper bus jurusan Jakarta-Surabaya.

Mereka menginformasikan bahwa ketika melaju kencang di tanjakan Tol Ungaran, dari arah depannya ada truk bermuatan kayu yang melorot tak kuat menanjak.

Truk kayu tersebut sebelum dibantu menanjak dengan ditarik truk, nahas talik penariknya putus karena tak kuat menahan beban truk bermuatan kayu. Akibatnya, truk itu melorot mundur dan dihantam bus Sinar Jaya.

Simak kondisi TKP (tempat kejadian perkara) dari akun Facebook Abi Ibrahim Hasmi  di atas yang berada dilokasi kejadian saat proses evakuasi truk dan bus yang terlibat kecelakaan itu.

Kronologi Kecelakaan

Kantor berita Antara dari Semarang melaporkan bahwa dua orang tewas setelah bus Sinar Jaya bernomor polisi B-7414-TGD menabrak sebuah truk bermuatan kayu di ruas Tol Semarang-Solo KM 437 di wilayah Kabupaten Semarang, Jumat dini hari.

Kanit Kecelakaan Satuan Lalu Lintas Polres Semarang Ipda Wardoyo mengatakan dua korban tewas merupakan penumpang bus yang meninggal di lokasi kejadian.

Ia menjelaskan peristiwa nahas itu bermula ketika truk bernomor polisi BE-9445-BU yang bermuatan kayu tersebut mogok di ruas Semarang menuju Solo, sehingga harus diderek oleh kendaraan milik pengelola jalan tol.

Saat melintas jalan menanjak di KM 437, tali atau rantai digunakan untuk menarik truk bermuatan kayu tersebut diduga putus.

"Tali penarik diduga putus sehingga truk melaju mundur tanpa terkendali," ungkapnya.

Di saat yang bersamaan, lanjut dia, melaju bus Sinar Jaya dari arah belakang truk tersebut.

Kecelakaan nahas tersebut tidak dapat dihindari karena jarak bus yang sudah terlalu dekat dengan truk.

Satu korban tewas diketahui bernama Tri Ari Cahyono (51) warga Surabaya. Sementara satu korban lainnya seorang wanita masih belum diketahui identitasnya.

Korban tewas serta luka langsung dilarikan ke RSUD Ambarawa untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kecelakaan, tol semarang-solo

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top