Wapres Ma'ruf Amin Terima Usulan Baru Rekrutmen dan Promosi ASN

Lakpesdam PBNU menyerahkan dokumen usulan sistem rekrutmen dan promosi dalam lingkungan aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 03 Januari 2020  |  22:10 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Terima Usulan Baru Rekrutmen dan Promosi ASN
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto:wapres_ri

Bisnis.com, JAKARTA — Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Lakpesdam PBNU) menyerahkan dokumen usulan sistem rekrutmen dan promosi dalam lingkungan aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Ketua Lakpesdam PBNU Rumadi Ahmad menuturkan rekomendasi model tes yang diserahkan ini telah diuji coba pada tiga kementerian/lembaga yakni Kementerian Desa, Lemhannas serta Kementerian Hukum dan HAM. Tes digunakan untuk proses perekrutan calon penerima beasiswa.

"Kami menggunakan 3 dimensi yang kita gunakan untuk menyaring. Ada beberapa pertanyaan yang bisa digunakan untuk melihat apakah orang itu mempunyai komitmen kebangsaan yang firm atau tidak," kata Rumadi di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Dua dimensi lainnya yang akan tercakup dalam model tes yakni toleransi dan anti radikalisme.

"Semua itu [dimensi tes] kami kemas di dalam instrumen-instrumen yang bisa digunakan untuk menyaring apakan CPNS ini berisiko atau tidak dengan persoalan-persoalan radikalisme," katanya.

Model tes ini juga harus dijalankan dalam tahapan promosi dalam lingkungan kementerian dan lembaga. Kenaikan jabatan pada posisi struktural juga harus dilingkupi dengan komitmen kebangsaan.

"Bukan hanya CPNS tapi juga tadi disampaikan bahwa untuk promosi jabatan misalnya dari eselon 4 ke eselon 3. Itu untuk melihat apakah orang ini layak untuk promosi jabatan atau tidak," katanya.

Model tes ini menurut Rumadi juga sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2020-2024. Dalam peta jalan itu disebutkan salah satu prioritas pembangunan adalah moderat dalam bernegara dan toleransi. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cpns, wapres ma'ruf amin

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top