Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengunjung Museum Diharapkan Meningkat 50 Persen

Pemerintah berharap terdapat peningkatan jumlah pengunjung museum hingga 50% dengan ada bantuan dana alokasi khusus bantuan operasional penyelenggaraan museum.
Museum Nasional Indonesia/wikipedia
Museum Nasional Indonesia/wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah berharap terdapat peningkatan jumlah pengunjung museum hingga 50% dengan ada bantuan dana alokasi khusus bantuan operasional penyelenggaraan museum.

Direktur Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Fitra Arda mengungkapkan saat ini pihaknya tengah membuat museum menjadi ruang publik bagi aktivitas masyarakat.

Langkah ini, paparnya dilakukan guna pemajuan kebudayaan melalui museum yang selama ini belum maksimal. 

"Kita nanti ada dana bantuan untuk museum di daerah tp br milik pemerintah berupa Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Penyelenggaraan Museum," katanya kepada Bisnis pada Selasa (26/12/2019).

Dia menuturkan dana alokasi khusus yang  diberikan kepada pemerintah daerah atau museum-museum tersebut untuk program-program publik. 

Rencananya, dia menuturkan terdapat 111 museum yang akan menerima dana alokasi khusus tersebut. Adapun 111 museum tersebut adalah museum-museum yang merupakan milik pemerintah. 

Dia menuturkan konsep museum yang akan menjadi ruang publik nanti adalah museum menjadi pusat berbagai kegiatan, dan diharapkan dapat menarik minat kaum milenial di dalam negeri. 

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan dengan cara melibatkan berbagai komunitas. "Dan mereka lah yang akan membuat berbagai kegiatan publik," katanya. 

Kegiatan-kegiatan tersebut, lanjutnya adalah kegiatan yang berkaitan dengan pemajuan kebudayaan seperti lomba mendongeng, literasi naskah, lomba vidio pendek, lomba dan ekspedisi membatik, permainan tradisional, cerdas cermat, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper