Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mahfud MD Ajak Seluruh Pihak Bangun Papua dengan Hati Tulus

Pemerintah berkomitmen fokus pada pembangunan Papua dan Papua Barat. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengajak seluruh pihak untuk membangun dua provinsi itu dengan hati tulus dan dikerjakan secara holistik.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 17 Desember 2019  |  11:46 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (12/12/2019). - ANTARA/M Risyal Hidayat.
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (12/12/2019). - ANTARA/M Risyal Hidayat.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berkomitmen fokus pada pembangunan Papua dan Papua Barat. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengajak seluruh pihak untuk membangun dua provinsi itu dengan hati tulus dan dikerjakan secara holistik.

Menurutnya, membangun Papua dan Papua Barat adalah janji negara untuk mewujudkan rencana yang telah disusun dalam pembangunan Papua. Pasalnya langkah itu merupakan wujud dari sila kelima Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pemerintah Indonesia lanjut Mahfud telah memberikan perlakukan khusus atau afirmasi kepada dua provinsi itu. Politik afirmasi kepada Papua misalnya UU tentang Otsus Papua dengan dana besar sebagai bentuk afirmasi.

"Kemudian ketentuan bahwa Gubernur Papua harus orang Papua atau orang yang dianggap orang Papua berdasarkan adat setempat," katanya di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Mahfud menyebut sejak diberlakukannya UU nomor 21 tahun 2001 tentang otonomi khusus bagi Provinsi Papua, pemerintah telah berkomitmen untuk melakukan percepatan pembangunan khususnya di empat prioritas bidang utama.

Keempatnya meliputi bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi rakyat, dan pembangunan infrastruktur. Selain itu pemerintah juga telah mengeluarkan beberapa regulasi dan kebijakan khusus terkait Papua dan Papua Barat salah satunya adalah Inpres Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Melalui inpres nomor 9 tahun 2017 Presiden disebut telah menginstruksikan kepada 27 kementerian maupun lembaga untuk melakukan percepatan pembangunan kesejahteraan di wilayah itu.

Adapun bidang strategis dalam rencana tersebut adalah pelayanan dasar, pengembangan ekonomi lokal dan infrastruktur dasar.

"Masyarakat Papua membutuhkan logistik dan pembangunan seperti warga yang tinggal di luar Papua terutama di Jawa. Oleh karenanya dalam kesempatan yang baik ini saya mengajak untuk membangun Papua dengan hati yang tulus dan dikerjakan secara holistik," jelas Mahfud.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua Papua Barat
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top