17 Desember, Bunga Bangkai di Agam Mekar Sempurna. Jangan Lewatkan

Kabupaten Agam akan menjadi buah bibir berkat kehadiran bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium), yang ditemukan oleh beberapa warga. Bunga bangkai itu diperkirakan mekar sempurna pada hari Selasa 17 Desember 2019.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 15 Desember 2019  |  11:06 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA - Kabupaten Agam akan menjadi buah bibir berkat kehadiran bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium), yang ditemukan oleh beberapa warga. Bunga bangkai itu diperkirakan mekar sempurna pada hari Selasa 17 Desember 2019.

Salah satunya adalah di Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah. Akun Youtube Heru Adja memposting penampilan bunga bangkai raksasa yang tingginya bisa menyamai tinggi manusia itu pada 28 November 2019. Simak videonya di atas.

Agam adalah salah satu kabupaten di Sumatra Utara yang berjarak 119 kilometer dari Kota Padang.

Sementara itu kantor berita Antara melaporkan bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium) yang tumbuh di kebun warga Bamban, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, mulai mekar.

Menurut warga Palembayan, Febi Darmayanti (36), bunga bangka raksasa itu berada tak jauh dari Kantor Camat Palembayan, sekitar 10 menit perjalanan dari Kantor Camat.

"Bunga bangkai ini akan kami rawat dan dijaga sampai mekar sempurna," katanya di Lubukbasung, Minggu (15/12/2019) seperti dilaporkan Antara.

Ia mengatakan saat ini bunga bangkai raksasa tersebut belum mekar sempurna.

Menurut Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam Ade Putra, bunga bangkai raksasa di Kecamatan Palembayan kemungkinan akan mekar sempurna pada Selasa (17/12).

"Saat ini kelopak bunga belum terbuka total," katanya.

Foto: Antara-BKSDA Kabupaten Agam

Ia menambahkan, petugas BKSDA akan mengecek kondisi bunga bangkai itu pada Kamis (19/12).

Sebelumnya, ratusan bunga bangkai jenis Amorphophallus titanium dan Amorphophallus paeoniifolius pada fase pertumbuhan vegetatif ditemukan tumbuh di kebun durian milik warga Puduang, Jorong Belo-belo, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjungraya, Jumat (6/12), dan satu di antaranya mekar. Jenis bunga langka itu juga ditemukan tumbuh di Palupuh, Silareh Aia, Kamang Magek.

Di samping itu, menurut Ade, ada empat bunga Rafflesia Arnoldii yang mekar sempurna di Paninjauan, Kecamatan Tanjungraya.

Ia mengimbau warga yang menemukan jenis bunga bangkai menjaga dan memelihara bunga sampai mekar serta tidak mengganggunya karena karena bunga tersebut dilindungi Undang-undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tanaman hias, agam

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top