Pegawai Kantor Pertanahan bisa Kerja dari Rumah mulai 2025

Pegawai Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dapat bekerja dari rumah jika seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar pada 2025.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 12 Desember 2019  |  18:49 WIB
Pegawai Kantor Pertanahan bisa Kerja dari Rumah mulai 2025
Presiden Joko Widodo membuka rapat kerja nasional Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/2/2019). - Bisnis/Yodie Hardiyan
Bisnis.com, JAKARTA  - Pegawai Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dapat bekerja dari rumah jika seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar pada 2025. 
 
Sekjen Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto mengatakan instansinya akan memiliki big data jika seluruh tanah di Indonesia sudah terdaftar. 
 
"Dengan big data itu, pelayanan pertanahan digital sangat mudah dilakukan. Jika sudah pelayanan digital, pegawai bisa bekerja dari rumah," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (12/12/2019).
 
Kendati demikian, lanjut dia, menuju pelayanan digital tidaklah mudah. Menurut dia, perlu pengorbanan dan keikhlasan ASN untuk bekerja siang dan malam menyelesaikan pelayanan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). Namun, setelah ada big data, ASN tidak perlu lembur lagi dan datang ke kantor.
 
"Karena dengan big data yang tersedia, pelayanan pertanahan dapat menggunakan artificial inteligence," kata Himawan. 
 
Sebelumnya, pemerintah melempar wacana ASN dapat bekerja dari rumah. Ide itu digulirkan karena bekerja dari rumah dianggap lebih efektif dan produktif dibandingkan bekerja di kantor. 
 
Gagasan tersebut sedang dikaji lebih dalam oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 
 
"Kita tunggu hasilnya. Yang pasti jajaran Kementerian ATR/BPN terus selesaikan PTSL dan terus semangat."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pertanahan, ASN

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top