Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tak Hanya Properti, Ciputra Juga Cinta Seni dan Pendidikan

Chairman dan Founder Grup Ciputra Ir Ciputra meninggal di Singapura, pada Rabu (27/11/2019), pukul 01.05 waktu Singapura.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 28 November 2019  |  08:32 WIB
Jenazah almarhum Ciputra disemayamkan di Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan. Jenazah akan dimakamkan pada 5 Desember 2019 di pemakaman keluarga di kawasan Jonggol JIBI/Bisnis - Nurul Hidayat
Jenazah almarhum Ciputra disemayamkan di Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan. Jenazah akan dimakamkan pada 5 Desember 2019 di pemakaman keluarga di kawasan Jonggol JIBI/Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Chairman dan Founder Grup Ciputra Ir Ciputra meninggal di Singapura, pada Rabu (27/11/2019), pukul 01.05 waktu Singapura.

“Kami sangat kehilangan sosok ayah, kakek, dan pimpinan yang menjadi suri teladan bagi keluarga dan keluarga besar dari Grup Ciputra,” kata Rina Ciputra Sastrawinata, putri pertama almarhum di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Ciputra meninggal dunia setelah mendapat perawatan akibat sakit yang dideritanya di Singapura. Jenazah Ciputra tiba di Jakarta dari Singapura pada Rabu (27/11/2019) pukul 22.00 WIB.

Ciputra dikenal sebagai Begawan properti di Indonesia. Sejumlah ide dan karyanya tersebar di dalam negeri dan di luar negeri. Seperti Proyek Pasar Senen, Taman Impian Jaya Ancol, kawasan Pondok Indah, RS Pondok Indah, Bumi Serpong Damai dan lain-lain.

Lebih dari 80 penghargaan diraihnya semasa hidup, namun Ciputra tak hanya mendedikasikan hidupnya pada keluarga dan perusahaan saja.

Dia juga aktif berkegiatan di bidang sosial kemasyarakatan antara lain, menularkan semangat entrepreneurship, pengembangan olahraga, dan penyelenggaraan pendidikan.

Ciputra berkontribusi nyata dengan mendirikan sejumlah yayasan antara lain Yayasan Don Bosco, Yayasan Ciputra Pendidikan, Yayasan Tarumanegara, Yayasan Citra Kristus, Yayasan Jaya Raya, Yayasan Citra Berkat dan lainnya.

Tercatat sekurangnya ada 4 universitas dan 16 sekolah yang ikut didirikan dan/atau dikelolanya melalui yayasan-yayasan tersebut, seperti Universitas Ciputra, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Tarumanagara, Sekolah Ciputra Surabaya, Sekolah Citra Berkat, Sekolah Citra Kasih, Metland School dan Sekolah Don Bosco.

Sampai sekarang, lembaga pendidikan ini telah mendidik dan meluluskan lebih dari 100 ribu orang.

Jenazah almarhum Ciputra disemayamkan di Ciputra Artpreneur di Jakarta Selatan. JIBI/Bisnis/Nurul Hidayat

Cinta Seni

Ciputra juga sangat mencintai  dunia seni, terutama seni lukis dan seni patung. Berangkat dari kecintaan tersebut, dia  mendirikan Ciputra Artpreneur, sebuah pusat seni yang terdiri dari teater, galeri, dan museum.

Theater Ciputra Artpreneur merupakan venue pertunjukan berskala internasional berkapasitas 1.157 tempat duduk, dilengkapi dengan sound system yang lengkap.

Ciputra Artpreneur juga memiliki galeri dan ruang pameran seluas 1.500 meter persegi dan museum. Ciputra Artpreneur dibangun di sebuah kompleks CBD mixed-used Ciputra World 1 Jakarta yang terintegrasi dengan mal, perkantoran, hotel, dan apartemen.

Ciputra dengan sederet karyanya yang terdiri dari 81 proyek residensial skala besar, 30 tower apartemen, 16 sekolah, 4 universitas, 14 hotel, 13 mal, 12 perkantoran, 7 rumah sakit, 3 theme park, 3 vila, 2 pasar modern, dan 5 pergudangan, masih terus menyemangati para penerusnya untuk mewujudkan mimpi dan harapannya untuk mencapai yang lebih baik lagi.

Dalam setiap kesempatan, Ciputra selalu menyebarkan semangatnya bahwa “My biggest project is my next project”.

Selamat jalan Pak Ci.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra ciputra group pondok indah
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top