Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rina Ciputra : Kami Sangat Kehilangan Sosok Ayah, Kakek, dan Suri Teladan

“Kami sangat kehilangan sosok ayah, kakek, dan pimpinan yang menjadi suri teladan bagi keluarga dan keluarga besar dari Grup Ciputra,” kata Rina Ciputra Sastrawinata, putri pertama Almarhum Ciputra.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 27 November 2019  |  13:59 WIB
Ciputra, Pendiri Ciputra Group saat menyampaikan sambutan pada acara Artpreneur Talk 2018 yang mengangkat tema Converting Millenial Into Brand Lovers di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (14/2). - JIBI/Dedi Gunawan
Ciputra, Pendiri Ciputra Group saat menyampaikan sambutan pada acara Artpreneur Talk 2018 yang mengangkat tema Converting Millenial Into Brand Lovers di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (14/2). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -   Hari ini Indonesia kehilangan seorang Bapak Properti Indonesia. Ir. Ciputra, Chairman dan Founder Grup Ciputra, meninggal di Singapura, Rabu 27 November 2019 pukul 01.05 waktu setempat.

Menurut keterangan resmi Keluarga Besar Grup Ciputra, almarhum meninggal dunia setelah mendapat perawatawan akibat sakit yang dideritanya. Meninggalnya Ciputra yang lebih populer dengan sapaan Pak Ci, meninggalkan duka yang mendalam.

“Kami sangat kehilangan sosok ayah, kakek, dan pimpinan yang menjadi suri teladan bagi keluarga dan keluarga besar dari Grup Ciputra,” kata Rina Ciputra Sastrawinata, putri pertama Almarhum Ciputra, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Disebutkan bahwa pihak keluarga saat ini sedang dalam proses untuk memulangkan jenazah almarhum dari Singapura ke Indonesia.

Almarhum Ciputra meninggal dalam usia 88 tahun. Almarhum merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara, lahir di Parigi, 24 Agustus 1931 dari keluarga sederhana.

Dalam usia 12 tahun, Ciputra sudah harus mandiri setelah ayahnya ditangkap oleh tentara penjajah.

Ciputra meninggalkan istri, 4 anak, 4 menantu, 10 cucu, 4 cucu menantu, dan 7 cicit. 

 Semasa hidupnya, almarhum Ciputra dikenal sebagai sosok pekerja keras, sederhana, dan sangat entrepreneurial.

"Almarhum selalu menekankan kepada keluarganya untuk mengutamakan kejujuran dan integritas yang kemudian diterapkan dalam menjalankan bisnis Grup Ciputra, yakni berdasarkan tiga pilar filosofi yaitu Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship. Almarhum juga bercita-cita untuk dapat menciptakan lebih banyak entrepreneur di Indonesia, yakni generasi muda yang  mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dengan cara mengubah ‘sampah dan rongsokan menjadi emas’," ujar keterangan resmi Keluarga Besar Grup Ciputra.

Ciputra telah mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia antara lain Tanda Kehormatan Satyalencana dalam bidang Pembangunan, Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial, dan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan dalam Pengembangan KUD & Pengusaha Kecil. Secara keseluruhan, Ciputra menerima lebih dari 80 penghargaan dari berbagai institusi nasional dan internasional.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan sekaligus doa kepada beliau dan keluarga.” ujar CEO Grup Ciputra, Candra Ciputra.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top