Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PNBP PT Freeport Indonesia Mencapai Rp4,2 Triliun

kontribusi dari PTFI itu mendorong realisasi PNBP Indonesia tahun 2018 pada sektor pertambangan mineral dan batubara mencapai Rp 32,2 triliun.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 26 November 2019  |  06:35 WIB
Truk diparkir di tambang terbuka tambang tembaga dan emas Grasberg di dekat Timika, Papua, pada 19 September 2015. - Muhammad Adimaja/Antara via REUTERS
Truk diparkir di tambang terbuka tambang tembaga dan emas Grasberg di dekat Timika, Papua, pada 19 September 2015. - Muhammad Adimaja/Antara via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – PT Freeport Indonesia (PTFI) menyabet penghargaan Indonesia Mining Association (IMA) Award 2019 pada kategori kontribusi terbesar kepada negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Ketua IMA, Ido Hutabarat menilai kontribusi PTFI terhadap target PNBP Nasional itu lebih dari 10% atau sebesar Rp4,2 triliun. Kontribusi itu, menurut Ido naik 51% dibandingkan tahun lalu yaitu sebesar Rp2,02 triliun.

Menurutnya, kontribusi dari PTFI itu mendorong realisasi PNBP Indonesia tahun 2018 pada sektor pertambangan mineral dan batubara mencapai Rp 32,2 triliun. Dia menjelaskan keputusan untuk menempatkan PTFI di peringkat pertama diambil oleh tim penilai dan tim teknis yang terdiri dari perwakilan dari praktisi pertambangan serta Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Pemberian penghargaan ini, sebagai dorongan semangat kepada perusahaan anggota IMA untuk berkontribusi lebih baik lagi kepada negara dan masyarakat,” tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (26/11).

PTFI juga telah mendapatkan penghargaan pada kategori perusahaan yang melakukan Program Pengembangan Masyarakat terbaik. Kategori ini merupakan kategori yang baru ada di tahun 2019.

Seperti diketahui, PTFI memiliki enam program pengembangan masyarakat yaitu program untuk pendidikan, program kesehatan,  program tingkat pendapatan riil/pekerjaan, program kemandirian ekonomi, program sosial dan budaya, serta program infrastruktur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Freeport
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top