Pemangkasan Eselon 3 dan Eselon 4, Tjahjo Kumolo : Tahap Awal Reformasi Birokrasi

Setelah pemangkasan eselon rampung dilakukan, selanjutnya akan dilakukan reformasi lebih menyeluruh.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 12 November 2019  |  13:04 WIB
Pemangkasan Eselon 3 dan Eselon 4, Tjahjo Kumolo : Tahap Awal Reformasi Birokrasi
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. - www.menpan.go.id

Kabar24.com, JAKARTA — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menyebutkan perampingan eselon III dan eselon IV merupakan tahapan awal dari proses reformasi birokrasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan setelah pemangkasan eselon rampung dilakukan, selanjutnya akan dilakukan reformasi lebih menyeluruh.

"Ini reformasi birokrasi [yang dijalankan dengan pemangkasan eselon] ini jujur baru operasi kulitnya aja. Padahal untuk membuat reformasi birokrasi [efektif] itu kan harus operasi jantung," kata Tjahjo di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya setelah perampingan birokrasi dijalankan dengan memangkas dua jenjang eselon, maka tahapan yang paling krusial berikutnya adalah melakukan reformasi struktural serta optimalisasi budaya kerja dalam lingkungan aparatur negara.

"Termasuk penerimaan CPNS [2019] ini pun juga tidak ada tenaga administrasi. Semua sudah menjurus semua [ke tenaga teknis seperti] bidang IT dan lainnya. Semua sudah ada," katanya.

Tjahjo menyebutkan perampingan eselon III dan IV sendiri tengah disiapkan desain besar. Kementerian itu membutuhkan waktu 6 bulan sebelum diluncurkan ke publik.

"Arahan Bapak Presiden [Joko Widodo] hati-hati. Bertahap tapi cepat. Karena ini menyangkut layanan publik, mempercepat investasi," katanya. 

Editor : Stefanus Arief Setiaji
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top