Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menlu Malaysia : AS Pertimbangkan Jadi Tuan Rumah KTT APEC 2020

Amerika Serikat tengah mempertimbangkan untuk menjadi tuan rumah KTT APEC pada Januari 2020, setelah Chile membatalkan kesediaan sebagai tuan rumah KTT seperti direncanakan sebelumnya.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 07 November 2019  |  15:29 WIB
Menlu Malaysian Saifuddin Abdullah saat diwawancara Reuters di Kuala Lumpur, Malaysia, 23 April 2019. - REUTERS/Joseph Sipalan
Menlu Malaysian Saifuddin Abdullah saat diwawancara Reuters di Kuala Lumpur, Malaysia, 23 April 2019. - REUTERS/Joseph Sipalan

Bisnis.com, JAKARTA – Amerika Serikat tengah mempertimbangkan untuk menjadi tuan rumah KTT APEC pada Januari 2020, setelah Chile membatalkan kesediaan sebagai tuan rumah KTT seperti direncanakan sebelumnya.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah, Kamis (7/11/2019), mengutip pernyataan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Chile membatalkan penyelenggaraan KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik 16-17 November di tengah aksi protes keras menentang gelaran tersebut. Malaysia menjadi tuan rumah KTT APEC berikutnya yang dijadwalkan pada akhir 2020.

"Menteri Pompeo menelepon saya ketika kami berada di Bangkok untuk meminta posisi Malaysia, karena Chile tidak dapat menjadi tuan rumah APEC November ini dan bahwa AS berpikir untuk menjadi tuan rumah APEC sekitar bulan Januari di AS," ungkap Menteri Abdullah kepada wartawan, seperti dikutip Reuters.

"Tetapi saya telah memberi tahu para pejabat AS yang berada di Bangkok bahwa kami tidak berpikir itu ide yang baik,” lanjutnya.

Abdullah tidak menguraikan lebih lanjut percakapannya dengan Pompeo tersebut. Kedutaan AS di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Abdullah berada di Bangkok awal bulan ini untuk KTT Asia Timur dan pertemuan Amerika Serikat dengan para pemimpin Asia Tenggara. Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mengunjungi KTT ini sebagai delegasi AS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apec amerika serikat
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top