Bank Sentral Filipina Setop Pelonggaran Moneter

Bank Sentral Filipina menyatakan sudah selesai melakukan kebijakan pelonggaran moneter untuk tahun 2019 setelah memangkas suku bunga tiga kali dan memompa likuiditas ke dalam sistem perbankan.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 06 November 2019  |  10:07 WIB
Bank Sentral Filipina Setop Pelonggaran Moneter
Bank sentral Filipina (Bangko Sentral Pilipinas). - Reuters/Romeo Ranoco

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Sentral Filipina menyatakan sudah selesai melakukan kebijakan pelonggaran moneter untuk tahun 2019 setelah memangkas suku bunga tiga kali dan memompa likuiditas ke dalam sistem perbankan.

Hal ini disampaikan Gubernur Bank Sentral Filipina Benjamin Diokno seperti dilansir Bloomberg, Senin (4/11/2019).

Ketika ditanya apakah tidak akan ada lagi penurunan suku bunga acuan atau rasio persyaratan cadangan pada tahun 2019, Diokno mengatakan “tentu saja”.  Dia mengatakan otoritas moneter telah melakukan “lebih dari cukup” untuk tahun ini.

Bangko Sentral ng Pilipinas telah menurunkan suku bunga kebijakan dengan total sebesar 75 basis poins pada tahun ini, dan akan menurunkan rasio cadangan menjadi 14% pada Desember dari sebelumnya sebesar 18% pada Mei.

Bank sentral masih memiliki dua jadwal pengambilan keputusan tingkat suku bunga acuan pada 2019, yakni pada pekan depan, dan pada 12 Desember.

Adapun, Bank Sentral Fipilina telah melonggarkan kebijakannya pada tahun ini menghadapi inflasi dan pelemahan ekonomi. Inflasi  tahunan diperkirakan melambat – yang merupakan bulan kelima berturut-turut – menjadi 0,8% pada Oktober.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
filipina

Editor : Hendri Tri Widi Asworo
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top