Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Lengser, Wapres JK Minta Kepastian Penanganan Pengungsi

Kantor Wakil Presiden mengingatkan kementerian teknis dan pemerintah daerah memastikan program rehabilitasi dan rekonstruksi bencana di Sulawesi Tenggara terlaksana dengan baik.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 02 Oktober 2019  |  16:20 WIB
Menteri Sosial Agus Gumiwang - Antara/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Sosial Agus Gumiwang - Antara/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA  - Kantor Wakil Presiden mengingatkan kementerian teknis dan pemerintah daerah memastikan program rehabilitasi dan rekonstruksi bencana di Sulawesi Tenggara terlaksana dengan baik.

Menteri Sosial Agus Gumiwang menyebutkan dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla itu rapat memfokuskan pembahasan penanganan pasca bencana pada dua aspek yakni penyediaan hunian tetap [huntap] serta stimulan pendorong perekonomian pasca bencana.

"[Rapat tadi] Diberikan arahan oleh bapak wakil presiden secara detail, tugas untuk menyelesaikan yang berkaitan dengan huntap itu tanggung jawab siapa dan juga yang berkaitan dengan stimulan itu tanggung jawabnya siapa," kata Agus di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Setelah pembagian tanggung jawab dijabarkan secara detail, rapat juga menegaskan pemimpin daerah harus mengambil peran sebagai koorditor.

"Yang menjadi komandan harus bapak gubernur di daerah. sehingga kami beri dorongan ke bapak gubernur untuk lebih cepat menangani permasahalan penanggulangan yang ada di daerah tersebut, karena sebetulnya kalau dilihat dari segala macam aspek sebenarnya tidak ada masalah lagi," kata Agus.

Agus yang juga Politisi Partai Golkar itu menyebutkan seluruh aspek telah disiapkan oleh pemerintah pusat termasuk permasalahan keuangan. Maka untuk memastikan seluruh penanganan dapat dilakukan dengan baik di lapangan, maka dibutuhkan peran aktif pemerintah daerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top