Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wiranto : Karhutla Selesai Kalau Hujan Datang

Menko Polhukam Wiranto menyebut kebakaran hutan dan lahan nyaris terjadi setiap tahun, khususnya pada kemarau panjang di wilayah Indonesia.
Ilustrasi-Awan Kumulonimbus/en.wikipedia.org
Ilustrasi-Awan Kumulonimbus/en.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Menko Polhukam Wiranto menyebut kebakaran hutan dan lahan nyaris terjadi setiap tahun, khususnya pada kemarau panjang di wilayah Indonesia. 

"Tahun ini kemarau lebih panjang lagi dari tahun-tahun lalu. Sekarang ini kita melaporkan kepada masyarakat bahwa dengan adanya usaha ekstra keras terutama sebelum hujan datang, kita membuat hujan. Kebakaran hutan dan lahan itu selesai kalau hujan datang," kata Wirantp di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019). 

Wiranto menyebutkan terjadi penurunan titik api hingga hari ini. Pada 22 September lalu terdapat 3.869 titik api. Keesokan harinya, TNI AU yang menggiatkan langkah-langkah membuat hujan buatan berhasil mengurangi titik api hingga menjadi 1.129. 

Wiranto menjabarkan, penurunan titik apai paling signifikan terjadi di provinsi Riau, yang tinggal 84 titik. Sumatera Selatan tinggal 165 titik, Jambi 130 titik, Kalimantan Tengah 475 titik, Kalimantan Barat 39 titik, Kalimantan Selatan 61 titik, dan Kalimantan Timur 175 titik.
 
Sementara Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebutkan ada titik cerah dalam satu minggu ke depan terkait upaya pemadaman titik api di beberapa wilayah Indonesia.

"Sesuai informasi BMKG musim penghujan itu akan datang pertengahan bulan Oktober," ujar Hadi.

Panglima TNI menambahkan pada 22 September sampai 1 minggu ke depan diprediksi ada angin yang bermuatan air datang dari Tenggara. Angin dari Australia yang berpotensi menciptakan awan kumulonimbus dengan uap air itu dapat menurunkan air hingga 70 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper