Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Siapkan Hujan Buatan Atasi Karhutla, BNPB Siapkan Armada Tambahan

BNPB menuturkan mulai Senin (16/9/2019) pihaknya mendatangkan dua pesawat tambahan.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 17 September 2019  |  09:41 WIB
Pesawat menyiramkan air ke titik kebakaran. Cara ini menjadi salah satu proses pemadaman kebakaran hutan melalui jalur udara - Antara
Pesawat menyiramkan air ke titik kebakaran. Cara ini menjadi salah satu proses pemadaman kebakaran hutan melalui jalur udara - Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menambah jumlah pesawat untuk memproses hujan buatan.

Agus Wibowo, Plt. Kapusdatinmas BNPB menuturkan mulai Senin (16/9/2019) pihaknya mendatangkan dua pesawat tambahan.

Pesawat ini memperkuat dua pesawat yang sudah ada terlebih dahulu.

"Mulai Senin kemarin datang 2 Pesawat tambahan untuk perkuatan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca atau hujan buatan di Pekanbaru," kata Agus dalam keterangan tertulisnya Selasa (17/9/2019).

Pada operasi hujan buatan ini pesawat yang dikerahkan terdiri dari Cassa 212-200 dari BPPT dan 3 pesawat bantuan TNI. Pesawat yang baru datang yakni Cassa 212-200 kapasitas 1 ton dan Hercules C-130 kapasitas 4 ton.

"Seluruh pesawat akan beroperasi di 6 provinsi yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan," katanya.

Agus menyebutkan pegerakan pesawat untuk menebar garam guna menciptakan hujan buatan akan disesuaikan dengan keberadaan awan potensi hujan hasil analisis BMKG.

"Pesawat CN 295 pagi tadi jam 06.00 WIB diberangkatkan ke Palangkaraya Kalimantan Tengah karena menurut laporan BMKG sudah terdapat potensi awan hujan," katanya.


Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb hujan buatan Karhutla Karhutla
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top