Pemindahan Ibu Kota, Swasta Punya Peran Penting

Pasalnya, dari sekitar Rp466 triliun dana yang dibutuhkan, pemerintah hanya bisa memenuhi sekitar 19% saja.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 27 Agustus 2019  |  17:53 WIB
Pemindahan Ibu Kota, Swasta Punya Peran Penting
Presiden Joko Widodo berjalan seusai memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. - Antarafoto

Bisnis.com, JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyatakan swasta akan memainkan peran penting dalam pembangunan Ibu Kota baru. Pasalnya, dari sekitar Rp466 triliun dana yang dibutuhkan, pemerintah hanya bisa memenuhi sekitar 19% saja.

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani mengatakan, peran swasta sangat penting dalam rangka keberhasilan dari pemindahan Ibu Kota.

"Sekitar 81% dari swasta, peran swasta sangat vital dalam rangka keberlangsungan atau keberhasilan dari pemindahan Ibu Kota dari segi pembiayaan," ujarnya di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Rosan mengatakan faktor penting untuk melibatkan swasta ialah skema investasi atau aturan main yang ditetapkan pemerintah. Pelaku usaha, katanya, mendukung apa yang telah diputuskan pemerintah.

Menurutnya, tidak perlu terlalu berlebihan khwatir proyek tersebut akan mangkrak atau terjadi perubahan kebijakan di tengah jalan. Dia mengatakan kekhawatiran sah-sah saja, tetapi juga harus berpikir positif.

"Yang penting sosialisasi dan dijalankan secara transparan sehingga dari pihak swasta yang akan ikut dalam program ini antusias juga," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemindahan Ibu Kota

Editor : Galih Kurniawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top